fbpx
Tips Usaha

CARA MEMBUAT BISNIS PLAN DAN KEGUNAANNYA

Bisnis merupakan sebuah kegiatan usaha yang tidak bisa dijalankan secara asal, agar menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk jalankan bisnis yang sukses, maka diperlukan perencanaan yang matang. Dengan rencana bisnis atau bisnis plan, maka arah bisnis menjadi lebih tertarget. Bisnis plan harus bisa dipahami dengan baik, agar proses pembuatan bisnis menjadi lebih lancar.

Sekilas Tentang Bisnis Plan

Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan sebuah pernyataan tertulis yang berisikan berbagai tujuan atau maksud yang ingin dijalankan dalam bisnis, sehingga bisnis dijalankan dengan target yang jelas. Bisnis plan dibuat dengan jangka waktu yang pendek, menengah bahkan panjang, dimana isinya tidak hanya soal jalannya bisnis, namun juga merencanakan berbagai solusi untuk hadapi permasalahan bisnis.

Dasar Untuk Membuat Bisnis Plan

  1. Ringkasan

Dasar membuat rencana bisnis yang pertama yaitu sebuah ringkasan yang singkat. Pembuatannya ringkasan ini berisikan visi, misi dan berbagai tujuan bisnis yang akan dilakukan. Ringkasan singkat berisikan penentuan produk atau jasa apa yang akan dijual ke konsumen. Ringkasan singkat harus dibuat dengan unik dan menarik, sehingga bisnisnya menjadi lebih menjual.

  1. Latar Belakang

Latar belakang bisnis akan berisikan berbagai alasan yang berhubungan dengan pendirian bisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Latar belakang bisnis juga harus menyertakan daftar ahli atau konsultan, struktur organisasi bisnis dan pemilik saham atay pemodal. Latar belakang bersifat sangat penting dalam penyusunan rencana bisnis.

  1. Analisis Produksi

Dalam pembuatan rencana bisnis juga harus disertakan pembuatan analisis produksi dan bagian ini akan berisikan mengenai sistem yang dijalankan dalam bisnis. Dalam analisis produksi anda harus menjabarkan mengenai berbagai proses dalam penerimaan pesanan, produksi dan distribusi barang. Apabila bisnis di bidang jasa, maka anda jelaskan berbagai layanan yang akan diberikan kepada konsumen.

  1. Analisis Tenaga Kerja

Untuk membangun sebuah bisnis, maka dasar untuk membuat rencana bisnisnya yaitu harus membuat analisis tenaga kerja. Berbagai rincian tenaga kerja yang harus dimasukan seperti kompetensi yang harus dimiliki pekerja, keahlian dan kebutuhan jumlah pekerja. Jangan lupa buat detail pekerjaan yang akan dilakukan oleh tenaga kerja, sehingga kerja karyawan bisa sangat efektif.

  1. Analisis Distribusi dan Pemasaran

Anda juga harus melakukan analisis pemasaran distribusi produk atau jasa dengan perencanaan yang baik. Jelaskan juga mengenai target pasar yang menjadi target, tren pasar yang sedang naik daun dan berbagai strategi pemasaran untuk capai target penjualan. Dengan analisis yang jelas, maka bisnis bisa berjalan dengan lancar.

  1. Analisis Pengembalian Modal dan Keuangan

Bagi anda yang ingin membuat perencanaan bisnis, jangan lupa memasukan analisis pengembalian modal dan keuangannya. Setidaknya ada beberapa analisis yang perlu dimasukan seperti perhitungan kembalinya modal, pengembalian investasi untuk investor dan berbagai hal yang berkaitan dengan aliran uang dalam perencanaan bisnis.

  1. Rencana Pengembangan Bisnis

Untuk membuat rencana bisnis yang baik, maka anda harus juga membuat rencana pengembangan bisnis. Rencana ekspansi bisnis harus dibuat dengan rinci, agar bisnis tidak diam di satu titik. Strategi pengembangan bisnis akan membantu anda untuk memajukan bisnis sesuai dengan target yang diinginkan.

  1. Analisis Risiko

Dalam menjalankan bisnis, tentu ada beberapa risiko yang mungkin dihadapi. Risiko yang bisa dihadapi seperti risiko keuangan, risiko proses produksi, risiko operasional dan berbagai resiko lainnya. Analisis resiko akan berisikan berbagai strategi untuk mengatasi berbagai dampak bisnis.

Demikian ulasan lengkap mengenai bisnis plan atau rencana bisnis dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?