fbpx
Tips Keuangan

CARA MUDAH CEK BPJS KETENAGAKERJAAN ONLINE

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu layanan asuransi yang sangat menguntungkan untuk para pekerja, baik yang bekera di dalam negeri ataupun luar negeri. BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja dan bisa dijadikan sebagai jaminan hari tua. Ketika anda sudah membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan , maka anda juga cek saldonya secara online dengan cara yang sangat mudah.

Cara Mengecek Jumlah Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  1. Website
website bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan bisa di cek melalui online dengan cara mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan dan pengecekan bisa dimulai dengan mengakses https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Pada tampilan awalnya, anda harus klik menu “Layanan Peserta” dan anda harus klik “Pilih Tenaga Kerja”. Setelah itu, maka anda pilih menu “BPJSTKU” untuk mengecek saldo.

Setelah itu anda akan dihadapkan pada menu login, maka anda tinggal memasukan email dengan passwordnya. Untuk yang belum punya akun, mak anda harus mendaftar dulu akunnya secara gratis. Kemudian akan muncul berbagai pilihan menu dan anda tinggal langsung memilih “Lihat Saldo”. Rincian dari jumlah saldo juga akan terbuka dengan jelas.

  1. Aplikasi BPJSTKU
aplikasi bpjsku

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan onine juga bisa dilakukan dengan menggunakan Aplikasi BPJSTKU. Pertama anda harus klik menu “Pendaftaran Pengguna Baru” dan anda juga diharuskan untuk memilih jenis kepesertaan. Jenis kepesertaannya seperti Pekerja Migran Indonesia atau PMI, Penerima Upah atau PU dan Bukan Penerima Upah atau BPU.

Kemudian anda diharuskan untuk mengisi data diri dengan benar, sesuai yang tercantum dalam “Kartu Tanda Penduduk”. Anda juga bisa langsung mengisi 11 digit nomor Kartu Peserta Jamsostek atau KPJ yang biasanya tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian anda juga harus memasukan alamat email yang valid dan masih aktif, kemudian anda buka email dan segera buka kode verifikasinya untuk bisa terhubung ke aplikasi.

Anda juga diharuskan mengisi no handphone yang masih aktif, kemudian anda masukan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke handphone melalui SMS dan anda langsung bisa membuat kata sandi untuk melakukan login nantinya. Ketika pendaftaran berhasil dilakukan, maka anda bisa masuk ke aplikasi dan melakukan klik “Lihat Saldo”, kemudian saldo akan muncul secara otomatis.

  1. Short Message Service

Cek jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan dengan cara Short Message Service atau SMS dan cara ini menjadi cara yang dianggap paling simpel. BPJS Ketenagakerjaan bisa di cek dengan mengirimkan SMS ke nomor center BPJS Ketenagakerjaan, kemudian anda akan memperoleh SMS balasan yang memberitahukan jumlah saldo.

Registrasi untuk cek saldo bisa dilakukan dengan cara mengetik “DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor Peserta”, kemudian registrasinya dikirimkan ke no 2757. Contoh format yang benar seperti “DAFTAR SALDO#2261088898032227#MARIA OZAWA#01-12-1977#9876549”. Anda akan peroleh balasan SMS “TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 9876549”.

Kemudian anda bisa langsung cek saldo dengan cara ketik “SALDO(spasi)NOMOR PESERTA”, kemudian kirim ke 2757. Contoh format pengetikan yang benar “SALDO 9876549”. Setelah itu anda akan menerima balasan yang berisikan data saldo Jaminan Hari Tua atau JHT.  

  1. Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum adanya perkembangan teknologi yang diterapkan di BPJS, maka cara ini paling banyak dilakukan masyarakat. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan berkunjung ke kantor disebut dengan cara manual, sehingga prosesnya sangat melelahkan dan cara ini sudah tidak dianjurkan, karena sudah tidak efektif lagi.

Anda tinggal datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan anda tinggal menanyakan prosedur pengecekan ke satpam yang berjaga, nantinya anda akan diminta menemui salah satu petugas. Anda akan diberikan print slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini masih banyak dilakukan oleh para pekerja yang gaptek dan sulit menerima perkembangan teknologi.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara cek BPJS Ketenagakerjaan online dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.  

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?