fbpx
Tips keamanan

TIPS MENENTUKAN ASURANSI MOBIL YANG MENGUNTUNGKAN

Pengguna kendaraan roda empat di Indonesia memang sangatlah tinggi, karena mobil dianggap sebagai kendaraan yang sangat efektif untuk berbagai aktivitas. Namun banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar mengenai pentingnya asuransi mobil. Besaran premi yang diminta perusahaan biasanya terbilang tinggi, sehingga banyak masyarakat yang keberatan dengan asuransi mobil.

Pada dasarnya asuransi kendaraan menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk semua pemilik mobil. Masalah untung rugi menggunakan asuransi mobil sangat tergantung dari pemilihan proteksi yang tepat. Anda juga harus jeli dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat dan kenali dulu berbagai jenis asuransi mobil yang bagus.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Secara umum, ada 2 jenis asuransi mobil di Indonesia yaitu Asuransi All Risk dengan Asuransi Total Lost Only atau TLO. Setiap jenis asuransi mobil memiliki perbedaan masing-masing, sehingga anda harus mengenal satu persatu jenis asuransi, sebelum menentukan jenis asuransi untuk mobil anda.

Asuransi Total Lost Only atau TLO

TLO merupakan salah satu jenis asuransiyang memberikan proteksi untuk kendaraan dengan kerusakan diatas 75%, mobil hilang akibat tindak pencurian dan perampokan di jalan raya atau dimanapun. Apabila kerusakan mobil belum mencapai 75%, maka anda tidak bisa melakukan klaim. Mobil yang rusak sekitar 75%, maka mobil sudah tidak bisa dipakai. TLO biasanya meminta premi yang terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang memilih jenis asuransi mobil TLO.

Asuransi All Risk

Alk risk atau resiko merupakan salah satu jenis asuransi yang siap memberikan ganti rugi semua kerusakan mobil dan akan mengganti mobil yang hilang dicuri atau dirampok. Klaim asuransi all risk bisa dilakukan untuk mobil dengan kerusakan ringan sampai dengan berat. Namun asuransi all risk biasanya meminta premi yang besar, sehingga banyak masyarakat yang keberatan.

Tips Menentukan Asuransi Mobil yang Menguntungkan

Premi yang Ditawarkan

Dengan kondisi keuangan yang berbeda-beda, sehingga perusahaan asuransi menawarkan harga premi asuransi mobil yang variatif. Jenis asuransi all risk memang memberikan beban biaya premi yang sangat besar yaitu sekitar 2 sampai 3% dari harga mobil, sedangkan TLO menawarkan harga premi sekitar 0,8% sampai 1% dari harga mobil.

Pertimbangan premi asuransi mobil sangatlah penting dilakukan, jangan sampai anda memilih asuransi berdasarkan gengsi semata dan tidak mempertimbangkan kondisi keuangan. Lebih tinggi nilai premi yang ditawarkan, belum jaminan kualitas layanannya lebih bagus. Apabila memiliki kondisi keuangan yang besar, maka anda bisa pilih asuransi all risk.

Tahun Mobil yang Ditawarkan

Ketika anda ingin memilih asuransi mobil, maka anda juga perlu memperhatikan tahun proteksi mobilnya. Mobil yang memiliki tahun tua, biasanya akan punya harga jual yang murah dan hal ini akan membuat nilai asuransinya menjadi kecil, apalagi saat mobil sudah berusia diatas 10 tahun. Kebanyakan perusahaan asuransi tidak akan menerima klaim untuk kendaraan yang sudah berusia diatas 15 tahun.

Mobil tua juga memiliki resiko kerusakan yang tinggi dan kerusakannya akan mudah meluas, maka untuk kendaraan tua bisa memilih jenis asuransi all risk. Untuk mobil baru yang sangat jarang mengalami kerusakan, maka bisa memilih jenis asuransi TLO. Mobil baru akan memiliki resiko kecil alami kerusakan, paling sering baret atau lecet.

Lokasi Tempat Tinggal

Untuk memilih asuransi mobil yang berkualitas, maka anda perlu mempertimbangkan lokasi tempat tinggal. Apabila anda memiliki rumah yang sepi dengan kendaraan, maka resiko kecelakaannya sangat kecil dan anda bisa memilih jenis asuransi TLO. Apabila tempat tinggal anda berada punya lalu lintas yang padat dengan resiko kecelakaan tinggi, maka anda perlu memilih asuransi all risk.

Perusahaan yang Kredibel

Kini jasa asuransi mobil tidak hanya dari Indonesia, namun banyak juga perusahaan asuransi yang berasal dari luar negeri. Rata-rata perusahaan akan memberikan manfaat yang sama, meski jumlah premi yang ditawarkan berbeda-beda. Dengan banyaknya pilihan perusahaan asuransi, maka anda harus mempertimbangkannya dengan baik.

Lokasi juga menjadi salah satu indikator profesionalnya suatu perusahaan asuransi, pastikan anda memilih perusahaan asuransi mobil yang menjangkau seluruh Indonesia. Memang masih banyak perusahaan swasta yang pelayanannya tidak merata. Jika anda sering melakukan perjalanan luar kota dengan menggunakan mobil pribadi, maka anda penting memilih asuransi yang jangkauannya luas.

Anda juga harus memilih perusahaan asuransi yang resmi atau legal dan salah satu indikatornya adalah terdaftar di otoritas jasa keungan atau OJK. Dengan memilih perusahaan kredibel, maka asuransi mobil yang dipilih akan lebih aman dan anda juga akan terhindar dari pelayanan asuransi buruk atau tidak sesuai perjanjian.

Lakukan Perbandingan

Untuk memilih perusahaan asuransi mobil, maka anda harus melakukan perbandingan berbagai perusahaan. Jangan terpaku dengan satu perusahaan saja. Semakin banyak anda melakukan perbandingan, maka akan semakin banyak referensi yang anda peroleh. Carilah perusahaan asuransi mobil yang menawarkan manfaat paling banyak.

Perbedaan mendasar antara perusahaan asuransi yaitu menyangkut jumlah premi, polis dan manfaat yang akan diberikan. Banyak perusahaan asuransi baru yang menawarkan banyak promo, bahkan sering memberikan gratis biaya premi. Anda jangan mudah terjebak dengan promo perusahaan baru, karena kualitas layanannya belum tentu bagus.

Anda juga harus melihat track record suatu perusahaan asuransi mobil. Apabila perusahaan banyak acuh terhadap klain nasabah, maka jenis asuransi tersebut tidaklah sehat. Perusahaan asuransi profesional biasanya memiliki situs resmi yang bisa diakses nasabah dan perusahaan berkualitas biasanya memiliki website dengan reputasi baik.

Kuantitas Pemakaian Mobil

Apabila anda sering menggunakan mobil untuk berbagai kegiatan, maka anda bisa memilih jenis asuransi all risk. Mobil dengan pemakaian sering akan memiliki resiko kerusakan yang sangat besar. Bagi anda yang menggunakan mobil sewaktu-waktu, maka anda bisa memilih asuransi mobil TLO. Mobil yang jarang dipakai akan memiliki resiko kecelakaan yang rendah.

Perlindungan Showroom

Ketika anda membeli mobil di showroom, maka seringkali pihak showroom menawarkan gratis perawatan dan perlindungan selama beberapa tahun. Apabila layanan gratisnya lama, maka anda bisa memilih jenis asuransi TLO. Untuk layanan gratis showroom yang berlangsung dalam waktu lama, maka anda bisa memilih layanan asuransi all risk.

Pertimbangan Biaya

Semua pemilik kendaraan pasti menginginkan layanan asuransi yang all risk, karena layanan ini sangatlah total. Namun anda juga harus mempertimbangkan biaya yang dimiliki. Apabila anda memiliki biaya yang besar, maka anda cocok memilih asuransi all risk. Namun saat biaya anda pas-pasan, maka anda bisa memilih jenis asuransi TLO.

Manfaat Tambahan

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai manfaat tambahan seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Dengan manfaat tambahan, maka anda akan lebih diuntungkan dan tidak hanya mobilnya yang di asuransi, namun pemiliknya juga akan miliki asuransi. Perusahaan asuransi yang menawarkan banyak manfaat tambahan sangatlah rekomended untuk dipilih.

Demikian ulasan singkat mengenai tips menentukan asuransi mobil yang menguntungkan dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?