fbpx
Tips keamanan

CIRI CIRI PENIPUAN PINJAMAN ONLINE DENGAN MODUS FOTO SELFIE DAN KTP

Jaman sekarang memang serba mudah untuk melakukan berbagai aktivitas transaksi. Bahkan kini banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa pinjaman uang online, tentu dengan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan persyaratan pinjaman konvensional. Dengan banyaknya kemudahan, maka muncul berbagai kejahatan penipuan pinjaman online yang memanfaatkan kurangnya edukasi dan kemajuan teknologi.

Dengan cara online, masyarakat bisa melakukan pengajuan pinjaman dengan mudah. Langkahnya seperti kirim foto selfie dan unggah data di kartu tanda penduduk atau KTP. Namun dalam prosesnya, peminjaman online ini kemudian memunculkan masalah baru yaitu teknik penipuan yang biasa disebut dengan Phishing.

Phishing yaitu proses penipuan yang dilakukan untuk mendapatkan data penting seperti kode OTP pada akun keuangan, password dan identitas diri. Dengan mengetahui data pribadi, maka akun keuangan anda akan mudah dijebol oleh penjahat. Untuk menghindari berbagai penipuan pinjaman online, maka anda bisa menghindarinya dengan melihat ciri-cirinya.

Kualitas Ketikan

Ketika anda mendapatkan email atau SMS dari pinjaman online, maka jangan langsung percaya. Apabila pengetikan datanya tidak rapih dan tidak menggunakan bahasa atau kalimat yang benar, maka pinjaman online tersebut terbilang penipuan. Tidak hanya salah pengetikan, penipu juga sering salah dalam penggunaan tata bahasa.

Pengirim Mencurigakan

Ketika anda mendapatkan email, maka akan ada alamat pengirim emailnya. Apabila pinjaman online dikirim menggunakan email pribadi, maka patut dicurigai sebagai penipuan. Pinjaman online yang amanah biasanya akan menggunakan email perusahaan atau email pihak bank terkait. Saat pengirim email sifatnya memaksa, maka silahkan laporkan kejadian ke kantor polisi terdekat.

Nama Domain Tak Sesuai

Ketika anda mendapatkan email yang terlihat profesional dengan menggunakan email perusahaan atau bank, maka anda juga perlu memeriksa domain websitenya. Apabila domainnya menggunakan yang gratis seperti blogspot, xyz atau yang lainnya, maka anda harus mencurigai peminjaman online tersebut. Namun saat websitenya sudah berbayar dan profesional, maka besar kemungkinan pinjaman onlinenya benar.

Proses Cepat

Para pelaku phishing biasanya akan mengirimkan email yang berbatas waktu singkat dan akan menggunakan link palsu yang harus diakses. Apabila waktu sudat terlewati, maka link yang disediakan tidak akan bisa diakses atau kadaluarsa. Cara tersebut mendesak calon korban, agar bisa cepat masuk perangkap penipuan.

Minta Informasi Ulang

Apabila anda sudah mengisi informasi, lalu diminta lagi untuk melakukan registrasi ulang dan mengisi berbagai informasi yang sama, maka anda harus berpikir ulang. Teknik ini akan membuat para korban berfikir bahwa pihak pemberi pinjaman bekerja secara profesional, padahal pihak pemberi pinjaman hanyalah melakukan teknik tipu daya.

Tidak Ada Pilihan

Apabila anda melakukan peminjaman online di tempat yang yang resmi, maka anda akan diberikan berbagai pilihan unggahan. Pelaku phishing biasanya membuat formulir pendaftaran yang singkat dan tidak memberikan beberapa pilihan, sehingga calon nasabah dipaksa unggah foto selfie dan unggah data kartu tanda penduduk atau KTP.

Tidak Ada Situs Resmi

Perusahaan yang menyediakan pinjaman online nyata, biasanya akan memiliki situs resmi yang profesional dan di situs resminya tersedia berbagai informasi yang real. Sedangkan phishing biasanya membuat website yang sangat simpel, sehingga tidak banyak informasi yang bisa diakses.

Demikian ulasan singkat mengenai ciri-ciri penipuan pinjaman online dengan modus foto selfie dan KTP. Semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?