fbpx
Tips Investasi

TIPS INVESTASI EMAS

Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang terbilang aman, apabila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Investasi emas memang memiliki resiko yang sangat rendah, karena emas bisa menahan kenaikan inflasi atau harga. Emas juga menjadi investasi yang sangat mudah untuk dilakukan, karena keberadaannya mudah ditemukan.

Emas juga memiliki nilai yang sangat stabil dalam waktu yang lama dan emas juga memiliki likuiditas tinggi, sehingga proses jual emas bisa dilakukan secara mendadak. Untuk melakukan investasi emas yang tepat dan menguntungkan, tentu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Buat Tujuan yang Jelas

Ketika anda mulai melakukan investasi emas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat tujuan yang jelas. Dengan membuat tujuan yang jelas, maka anda bisa terhindar dari pembelian emas tidak bermanfaat dan tidak menguntungkan. Jangan membeli emas tanpa adanya tujuan yang jelas, karena akan menjadi hal yang sia-sia. 

Contoh tujuan yang jelas seperti investasi untuk biaya pernikahan yang akan diselenggarakan beberapa tahun yang akan datang dan untuk biaya pendidikan di masa depan. Perencanaan yang anda buat di masa depan akan terwujud dengan pola investasi yang benar.

Perhatikan Kemampuan Keuangan

Investasi emas harus dilakukan saat anda mendapatkan uang lebih atau penghasilan tambahan, jangan anda mengorbankan uang pokok untuk membeli emas. Anda juga bisa membeli emas yang sesuai dengan kemampuan, sehingga keuangan anda akan tetap stabil. Jangan mengorbankan seluruh penghasilan untuk membeli emas, apalagi kalo anda berani berhutang untuk mendapatkan emas.

Sebelum melakukan investasi emas, anda harus memiliki dulu dana cadangan atau dana darurat. Anda bisa mulai investasi dengan emas yang memiliki harga terjangkau dan jangan membeli emas yang langsung mahal, karena akan sangat memberatkan anda.

Perhatikan Waktu Investasi

Ketika anda memiliki keinginan untuk melakukan investasi, maka anda harus rajin memantau harga emas yang berlaku di pasaran dan anda juga harus mempelajari tren pergerakan harga emasnya. Dengan memperhatikan harga emas, maka anda bisa memilih waktu investasi yang tepat. Ketika harga emas sedang turun atau murah, maka segeralah membeli emas.

Apabila anda ingin menggunakan emas untuk bisnis jangka pendek, maka anda bisa menjual emas saat harganya sedang tinggi. Untuk lebih optimal keuntungannya, sebaiknya anda berinvestasi emas dalam waktu yang lama yaitu minimal 5 tahun. Anda jangan takut dengan inflasi, karena emas tidak akan tergerus oleh inflasi.

Pilih Jenis Emas yang Tepat

Bagi anda para pemula yang ingin melakukan investasi emas, sebaiknya anda memilih emas dalam bentuk logam mulia. Investasi emas logam mulai memang lebih menguntungkan dan sangat cocok untuk dijadikan cara investasi masa depan.

Harga jual emas logam mulia memang selalu lebih tinggi dibandingkan harga emas biasa atau emas perhiasan dan emas logam mulia juga lebih aman untuk dimiliki. Apabila anda membeli emas perhiasan dan menggunakannya, maka akan mengundang berbagai tindak kejahatan atau pencurian. Emas perhiasan cenderung harga jualnya lebih rendah, karena memerlukan berbagai komponen biaya.

Penyimpanan Emas yang Aman

Ketika anda memiliki emas, maka anda jangan ceroboh dalam menyimpannya. Penyimpanan emas yang paling umum adalah di brankas dalam rumah atau bisa juga disimpan dalam safe deposit box atau SDB dan biasanya SDB disediakan oleh pihak bank.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips investasi emas dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?