fbpx
Tips Investasi

CARA MENABUNG SAHAM UNTUK PEMULA

Kini sudah banyak masyarakat yang mulai sadar dengan pentingnya melakukan investasi. Jenis investasi yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu tanah, rumah dan emas. Kini pilihan investasi menjadi sangat beragam, sehingga sangat menguntungkan bagi calon nasabah. Investasi saham menjadi salah satu investasi yang sedang naik daun, karena terbilang menguntungkan dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai menabung saham.

Cara Buka Rekening Saham

Untuk membuat rekening saham, anda bisa langsung datang ke perusahaan sekuritas untuk mengajukan pembuatan rekening efek. Kini sudah semakin mudah, karena banyak perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan pihak bank dan pembuatan rekening saham sudah bisa dibuat di bank umum. Anda tinggal datang ke bank umum pilihan yang menyediakan sekuritas.

Setelah anda berhasil membuka rekening efek, maka anda harus menentukan jumlah nominal yang akan mengendap atau disisihkan dan anda bisa menentukan saham yang ingin di tabung. Setelah rekening efeknya siap, maka anda tinggal setor dana secara rutin dan anda bisa menyesuaikan nilai setoran dengan tingkat kemampuan anda.

Tak hanya itu, anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang sifatnya penting. Dokumennya seperti 2 lembar materai 6 ribu, foto kopi bagian depan buku tabungan, fotokopi kartu NPWP dan fotokopi KTP. 

Keunggulan Menabung Saham

Menabung saham akan memaksakan anda untuk disiplin menyimpan uang setiap bulannya dan semua investasi yang dilakukan akan memiliki nilai yang bertambah setiap tahunnya. Saham lebih unggul dibandingkan dengan jenis tabungan biasa, karena dengan menabung saham akan ada capital gain yang diperoleh dan anda juga berpeluang untuk mendapatkan dividen dari perusahaan.

Resiko Menabung Saham

Menabung saham juga memiliki resiko yang lumayan besar, anda bisa memperoleh kondisi capital loss dan kondisi ini menjadi kebalikan dari capital gain. Capital loss menjadi resiko yang sangat dihindari para pemain saham dan kondisi ini terjadi saat harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga beli sahamnya.

Tak hanya itu, anda juga memiliki resiko likuidasi saat perusahaan mengalami kebangkrutan yang sulit untuk dihindari dalam proses investasi saham. Kondisi likuidasi memang bisa dihindari dengan cara menentukan atau memilih saham yang berkualitas. Pada dasarnya, saham berkualitas jarang yang memiliki harga murah. Dengan mengetahui resiko dalam bermain saham, maka anda bisa lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis ini.

Tips Menabung Saham Untuk Pemula

Banyak orang yang menganggap bahwa investasi di pasar modal sulit sekali untuk dilakukan. Apabila anda sebagai pemula, maka anda harus paham mengenai sistem saham yang termasuk investasi jangka panjang. Saham bukan investasi yang bisa cepat dinikmati keuntungannya dan menabung saham tidak boleh tergesa-gesa, agar tidak alami kerugian yang besar.

Ketika saham yang anda miliki mengalami penurunan harga, maka anda jangan langsung panik dan khawatir. Investasi saham baru biasanya akan telihat lebih menguntungkan setelah berjalan konsisten dalam waktu 3 tahun. Bagi anda yang hanya punya modal sedikit, jangan takut dan ragu, karena menabung saham bisa dimulai dengan modal minim.

Pemula sebaiknya membeli dulu emiten saham yang memiliki kelas menengah, sehingga harganya bisa sangat terjangkau. Pemain saham pemula juga harus menghindari kegiatan trading saham, karena trading saham bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu memahami detail yang berkaitan dengan saham, agar bisa memperjual belikan koleksi saham secara efektif.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menabung saham dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?