fbpx
Tips Investasi

BEDA EMAS FISIK DAN DIGITAL

Emas merupakan suatu instrumen investasi yang banyak disukai masyarakat Indonesia, karena emas memiliki harga yang terjangkau dan harganya relatif stabil. Jaman dulu, investasi emas memang berpatokan pada emas fisik. Kini, investasi emas juga bisa dilakukan secara digital. Pada dasarnya ada berbagai hal yang bisa membedakan antara emas fisik dan emas digital.

Investasi emas fisik dan digital menjadi pola investasi yang sudah populer di Indonesia. Jumlah pelaku investasi emas digital juga semakin meningkat dari tahun ke tahun, akibat adanya perkembangan teknologi yang pesat. Investasi emas menjadi hal yang lumrah, karena pelakunya sudah berasal dari berbagai kalangan yang ada di masyarakat.

Ketika anda melakukan investasi emas online, maka anda akan memperoleh kepemiliki emas dengan dilengkapi Exchange Traded Fund emas. Dengan memiliki emas bersetifikat, maka anda bisa menjual emasnya dengan mudah. Sebelum anda menentukan antara investasi emas fisik atau digital, maka anda harus memahami dulu perbedaan kedua investasinya.

1. Nilai Pembelian

Perbedaan yang paling mencolok antara emas fisik dengan emas non fisik yaitu dari nilai pembeliannya. Emas fisik biasanya akan mengacu pada berat cetakan emas yang tersedia dan emas digital bisa dibeli dengan nominal yang disesuaikan dengan kemampuan atau kebutuhan.

Emas jenis antam bisa dibeli dengan minimal satuan 0,5 gram dan maksimalnya adalah 25 gram. Emas fisik yang paling populer di masyarakat adalah jenis emas perhiasan dan jenis emas ini disukai, karena emasnya bisa dipakai untuk mempercantik diri.

Pembelian emas digital yang aman dan rekomended yaitu di PT Pegadaian. Dengan membeli emas digital di Pegadaian, maka anda bisa juga bisa menjualnya dengan cepat di Pegadaian.

Untuk melakukan pembelian emas di Pegadaian, maka anda bisa membeli dengan nominal Rp 50.000. Semakin besar tabungannya, maka anda bisa semakin untung menabung emas di Pegadaian.

2. Waktu Pembelian

Emas fisik dan digital juga bisa dibedakan berdasarkan waktu pembeliannya. Pembelian emas online lebih mudah dibandingkan dengan emas fisik, karena platform pembelian emas online sangatlah beragam. Anda juga tidak perlu datang langsung ke tempat penjual atau ke toko, karena pembelian bisa dilakukan lewat handphone atau ponsel.

Pembelian emas digital juga lebih mudah untuk diatur pola pembeliannya dan bisa melihat pola kenaikan atau penurunan harga dengan mudah. Ketika harga emas sedang turun, maka anda bisa segera untuk membeli emas online. Dengan nominal yang lebih kecil, maka pembelian emas online bisa dilakukan lebih sering dibandingkan emas fisik.

3. Biaya Penyimpanan

Perbedaan emas fisik dan digital juga bisa dilihat dari beban penyimpanan emasnya. Ketika membeli emas fisik, maka anda bisa menyimpan emas di brankas yang ada di rumah atau menyewa brankas yang disediakan oleh pihak perbankan. Namun saat membeli emas online, maka tidak perlu biaya penyimpanan. Pihak penyedia emas online biasanya sudah menyediakan tempat penyimpanan emasnya.

Penyimpanan emas diperlukan untuk menghindari berbagai risiko seperti kerusakan, kehilangan dan kebakaran. Ketika anda menyimpan emas di brankas rumah, maka resiko harus ditanggung oleh anda sendiri. Namun saat anda menitipkan emas di bank atau perusahaan, maka risiko akan ditanggung oleh pihak perusahaan atau banknya.

Sekian bahasan singkat mengenai beda emas fisik dan digital. Semoga semua bahasan artikel ini dapat menjadi referensi terbaik dan bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?