fbpx
Lifestyle

CARA CEK TAGIHAN LISTRIK DENGAN MUDAH

Cek tagihan listrik setiap bulannya sangat  berguna untuk para pengguna, karena pengguna bisa menyiapkan dana dari jauh-jauh hari. Pengguna juga bisa mengatur pemakaian listrik, agar listrik tidak terlalu boros. PLN menyediakan listrik prabayar dengan listrik pascabayar dan keduanya memiliki kelebihan dengan kekurangan masing-masing.

Listrik pascabayar merupakan listrik yang memberikan akses penuh kepada para pelanggan untuk mengetahui jumlah tagihan perbulan, sehingga pelanggan akan memperoleh total tagihan sesuai dengan hasil pemakaian. Untuk para pengguna listrik pascabayar, tentu mengecek listrik dengan cara online sangatlah diperlukan.

Dengan mengecek biaya listrik, maka pelanggan bisa mempersiapkan uangnya. Pada dasarnya tagihan listrik akan sesuai dengan jumlah pemakaiannya, sehingga mengecek tagihan online menjadi cara mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya. Listrik pascabayar biasanya bisa dibayar lewat aplikasi resmi PLN, datang ke loket di kantor PLN dan membayarnya di kantor Pos. 

Kelebihan Listrik Pascabayar

  1. Tidak Takut Kehabisan Pulsa

Apabila anda menggunakan listrik prabayar, maka anda diharuskan mengontrol pulsa listrik setiap saat dan apabila pulsa listrik habis, maka listrikpun akan mati. Ketika menggunakan listrik pascabayar, maka anda akan lebih tenang dan tidak perlu takut listrik mati, karena kehabisan pulsa. Listrik akan selalu nyala setiap harinya.

  1. Tidak Ribet Isi Pulsa

Memakai listrik prabayar memang hampir mirip dengan menggunakan handphone seluler, karena harus mengisi pulsa secara mandiri. Pada listrik pascabayar, maka para pengguna tidak perlu mengisi pulsa secara mandiri. Listrik hanya akan mati, apabila ada pemadaman. Listrik pascabayar juga lebih irit dibandingkan dengan listrik prabayar.

Kekurangan Listrik Pascabayar

  1. Listrik Tidak Terkontrol

Ketika menggunakan listrik prabayar, maka akan ada alarm yang berbunyi saat kondisi pulsa listrik sudah sedikit dan anda bisa langsung mengisi pulsanya. Dengan tidak adanya pemberitahuan otomatis, maka listrik pascabayar sulit untuk terkontrol dan hal ini bisa membuat pemakaian membengkak, sehingga tagihan listrik menjadi sangat besar.

  1. Denda Saat Tunggak Pembayaran

Listrik prabayar tidak akan memberikan denda pada pelanggannya, namun resikonya listrik mati saat pulsa kosong. Berbeda dengan listrik pascabayar yang terus menyala, akan menimbulkan penunggakan tagihan saat telat membayar listrik bulanan. Denda akan sangat merugikan pengguna, karena denda akan terus berlanjut saat listrik telat bayar selama beberapa bulan.

  1. Salah Catat Jumlah Kwh

Listrik pascabayar biasanya akan dikunjunggi oleh petugas PLN yang mencatat jumlah Kwh pemakaian dan pencatatan biasanya menggunakan cara manual. Kondisi ini seringkali menimbulkan salah catat, sehingga jumlah tagihan yang diberikan menjadi besar.

Cara Cek Tagihan Listrik  Online

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melalui situs layanan PLN melalui smartphone ataupun laptop. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs layanan.pln.co.id
  2. Kemudian cari menu daftar akun, bagi yang belum punya akun dan langsung login untuk yang sudah punya akun
  3. Pilih Submenu “Informasi” yang letaknya di sebelah kiri, kemudian pilih informasi tagihan listrik dan jumlah tagihan akan muncul secara otomatis

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungi layanan Call Center PLN melalui smartphone Anda. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengikuti langkah berikut ini:

  1. Untuk melakukan cek tagihan listrik juga bisa dilakukan dengan menghubungi langsung pihak PLN dan nomor call centernya yaitu 123.
  2. Apabila anda ingin menelpon menggunakan handphone, maka sebelum memasukan nomor harus diawali dengan kode area, contoh (021) untuk area Jakarta, ataupun kode area lain sesuai dengan tempat tinggal Anda sekarang.
  3. Cek tagihan dengan cara menelpon memiliki langkah-langkah yang sangat simpel.

Untuk melakukan telepon ke PLN biasanya dikenakan tarif yang normal dan anda diharuskan mempersiapkan pulsa minimal 10 ribu, agar proses nelpon tidak putus di tengah jalan. call center biasanya akan memberikan informasi secara cepat, sehingga pengguna tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama. Untuk telepon menggunakan handphone biasanya memiliki biaya yang lebih besar dibandingkan telepon rumah.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cek tagihan listrik online juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan pesan singkat atau SMS. Layanan SMS disediakan untuk berbagai operator jaringan seperti XL, Indosat dan Telkomsel. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. SMS cek tagihan listrik bisa dilakukan dengan format “REK(spasi)No ID Pelanggan”, kemudian anda bisa langsung kirim SMSnya ke nomor 8123.
  2. Saat menggunakan layanan ini, maka para pengguna harus mengeluarkan biata 500 per sekali SMS.

Layanan SMS tidak hanya murah, namun prosesnya juga sangatlah mudah. Dengan cara ini, maka anda tidak perlu mengantri di loker pembayaran yang disediakan PLN dan anda tidak perlu datang ke kantor PLN, karena proses SMS bisa dilakukan dimanapun. 

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi

Kini PLN telah mengeluarkan terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi resmi PLN dan aplikasinya bisa dipakai di Ios dan android. Aplikasi bisa dengan mudah di download di play Store dan App Store. Aplikasi disediakan secara gratis dan ukuran aplikasi juga tidak terlalu besar, sehingga tidak akan memberatkan RAM handphone para pengguna.

Aplikasi resmi PLN ini memiliki tampilan yang sangat simpel, sehingga penggunaannya sangat mudah dipahami. Aplikasi PLN juga bisa bermanfaat untuk berbagai keperluan, bukan hanya untuk mengecek tagihan listrik saja. Untuk melakukan pengecekan lewat aplikasi, maka ada berbagai langkah yang perlu dilakukan seperti:

  1. Download

Google play merupakan toko penyedia berbagai aplikasi untuk android yang dikelola langsung oleh pihak google. Sedangkan App Store merupakan toko aplikasi untuk IOS yang dikelola oleh pihak Apple. Keduanya memiliki peranan hampir sama, namun hanya berbeda dari segi perangkat penggunaannya. Aplikasi PLN bisa di download secara gratis di App Store atau Play Store.

  1. Instal Aplikasi

Setelah berhasil di download, maka anda harus menginstal aplikasi di handphone dan langkah instal sangatlah mudah, karena prosesnya hampir sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Setelah terinstal, anda bisa membuka aplikasinya.

  1. Pilih Menu

Setelah aplikasi terbuka, maka anda bisa langsung membuka menu “Informasi Tagihan” dan setelah terbuka, anda bisa langsung pilih menu “Token Listrik”, sehingga akan muncul tampilan pengisian.

  1. Input Nomor

Bagi pelanggan listrik pasca bayar, maka anda bisa langsung input nomor meterannya dan untuk pelanggan listrik prabayar, maka anda harus memasukan ID pelanggan. Setelah dimasukan momor meteran atau ID pelanggan, maka anda bisa langsung klik tombol cari.

  1. Tampilan Tagihan

Apabila tombol cari di klik, maka anda perlu menunggu beberapa detik saja. Nantinya status tagihan listrik akan muncul secara otomatis dan akan ada informasi mengenai nominalnya.

Demikian ulasan singkat mengenai cara cek tagihan listrik secara online dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?