fbpx
Keuangan

PAJAK: PENGERTIAN – CIRI DAN FUNGSI

Pengertian pajak secara umum adalah salah satu bentuk pungutan wajib dibayarkan masyarakat kepada negara dan uang hasil pajak akan masuk dalam kas pendapatan negara. Pajak yang sudah terkumpul akan dipakai untuk biaya pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat atau daerah. Tujuan penggunaan dana pajak adalah untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah dan memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Tidak mudah untuk membangun Indonesia yang dibangun dengan keragaman masyarakatnya. Untuk melakukan pembangunan dan pemerataan, maka ada berbagai kebijakan yang dilakukan dan salah satunya mengenakan pajak.

Uang pajak tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi, sehingga banyak koruptor yang ditangkap akibat korupsi uang pajak. Pajak dipakai untuk mengembangkan atau membangun fasilitas umum, kesehatan, pendidikan dan berbagai kegiatan produktif yang lainnya. Pajak dilakukan berdasarkan aturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Ciri-Ciri Pajak

Ciri-Ciri Pajak
  1. Kontribusi Wajib

Pajak merupakan kontribusi wajib yang harus dilakukan oleh warga negara Indonesia dan pajak dikenakan kepada warga negara yang telah memenuhi berbagai persyaratan, baik subjektif maupun objektif. Setiap warga negara yang miliki penghasilan diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP, maka akan dikenakan wajib pajak.

  1. Sifatnya Memaksa

Ketika anda sudah memenuhi syarat untuk dikenakan pajak, maka anda wajib membayar pajak yang dikenakan dan saat seseorang dengan sengaja tidak membayar pajak, maka akan ada berbagai sanksi administrasi yang yang dikenakan. Bahkan apabila unsur sengajanya berlangsung dalam waktu lama, maka bisa saja mendapat hukuman pidana.

  1. Tak Peroleh Manfaat Secara Langsung

Pada dasarnya warga negara tidak akan memperoleh imbalan secara langsung dari pemerintah. Pajak dikenakan sebagai upaya pemerataan pendapatan untuk semua masyarakatnya. Terkadang banyak masyarakat yang mengeluh tentang pembayaran pajak, karena terlalu besar dan berlebihan, padahal pengenaan pajak sangatlah bermanfaat untuk kepentingan nasional.

  1. Diatur Undang-undang

Pajak bukanlah aturan yang dibuat sewenang-wenang, karena pajak diatur dengan undang-undang. Apabila ada masyarakat yang keberatan dengan pengadaan pajak, maka harus melakukan penolakan berdasarkan mekanisme hukum. Setidaknya ada beberapa undang-undang yang diberlakukan untuk mengatur pembayaran, perhitungan dan pelaporan pajak.

Fungsi Pajak Bagi Negara Indonesia

Fungsi Pajak Bagi Negara Indonesia
  1. Fungsi Anggaran

Pajak berfungsi sebagai sumber pemasukan negara dan pajak biasanya diandalkan untuk anggaran berbagai pembangunan nasional. Dengan memungut pajak dari masyarakat, maka pemerintah memiliki biaya untuk memajukan bangsa Indonesia. Pajak juga dapat berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh negara.

  1. Fungsi Mengatur

Pajak juga berfungsi untuk mengatur berbagai kebijakan negara Indonesia di bidang sosial dan ekonomi. Pajak bisa menghambat laju inflasi dan pajak mampu mendorong kegiatan ekspor produk Indonesia ke luar negeri. Pajak juga bisa menjadi proteksi atau perlindungan terhadap berbagai barang yang diproduksi di Indonesia. Pajak juga dapat membantu mengatur investasi modal yang menjadikan kegiatan ekonomi semakin produktif.

  1. Fungsi Pemerataan

Pajak bisa berfungsi untuk menyeimbangkan pemerataan di Indonesia, sehingga kesenjangan sosial tidak begitu nampak.

  1. Fungsi Stabilisasi

Pajak juga bisa menstabilkan perekonomian negara, sehingga bisa mengatasi inflasi. Tidak hanya itu, deflasi juga bisa dihindari dengan adanya pemungutan pajak. Pemerintah meningkatkan jumlah pajak bertujuan untuk mengurangi jumlah peredaran uang di masyarakat dan pemerintan menurunkan nilai pajak dengan tujuan menambah nilai perputaran uang di masyarakat.

Pajak yang diberlakukan di negara lain juga hampir sama fungsinya dengan di Indonesia, namun pajak di Indonesia lebih fokus pada fungsi mengatur dan fungsi anggaran. DJP sebagai lembaga yang mengelola pajak negara, bekerja di bawah pengawasan dan kontrol Kementerian Keuangan.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian pajak dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?