fbpx
Keuangan

KEGUNAAN REKENING KORAN DAN CARA MENGAJUKANNYA

Rekening korang merupakan sebuah istilah yang seringkali terdengar dan rekening koran sangat berhubungan dengan kegiatan perbankan. Rekening jenis ini sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti memperoleh visa untuk bepergian ke luar negeri dan mengurus berbagai keperluan bank.

Rekening koran merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa Belanda yakni courant dimana isinya adalah semua transaksi keuangan dari suatu rekening dan biasanya dibuat dengan ringkas. Biasanya dimiliki oleh individu ataupun badan usaha. Data yang paling umum tertera di rekening koran yaitu alur debit dengan kredit dan berbagai kegiatan transfer keluar dengan penerimaan transfer.

Jaman dulu, nasabah bank hanya bisa mengecek berbagai transaksi dengan cara mencetak rekening koran dan pengecekan dilakukan dengan berbagai tujuan. Kini dengan hadirnya sistem online, maka pengecekan dapat dilakukan secara online.

Kegunaan Rekening Koran

kegunaan rekening koran
  1. Ajukan Visa

Ketika anda melakukan berbagai kegiatan luar negeri, maka anda memerlukan visa sebagai syarat keberangkatan. Salah satu syarat untuk mengajukan permohonan visa yaitu melampirkan rekening koran. Biasanya anda harus mencetaknya dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan sebelumnya. Selain itu juga bisa menjadi bukti kemampuan anda secara finansial untuk berangkat ke luar negeri.

  1. Ketahui Transaksi

Buku tabungan memang memiliki fungsi yang sama dengan buku tabungan yang dikeluarkan pihak bank, karena sama-sama menampilkan berbagai transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Informasi yang biasanya tertera di rekening koran seperti saldo awal-akhir bulan, biaya administrasi yang dikeluarkan, bunga bank yang ditanggung dan arus debit-kredit.

  1. Bukti Hukum

Selain itu rekening jenis ini bisa dipakai untuk menjadi bukti hukum yang sangat sah. Apabila anda mengalami berbagai transaksi yang menjurus dengan tindakan kriminal, maka anda bisa mengeceknya melalui rekening koran. Contohnya para koruptor yang menghabiskan uang pajak untuk kepentingan pribadinya, maka semua transaksi perbankannya bisa di cek menggunakan rekening koran.

  1. Mengajukan Pinjaman

Ketika anda membutuhkan dana dalam jumlah yang besar untuk berbagai tujuan, maka anda bisa mengajukan kredit melalui bank. Tidak hanya pengajuan uang, anda juga bisa mengajukan kredit kepemilikan rumah dan jenis kredit lainnya. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yaitu menyertakan rekening koran, karena dianggap sebagai dokumen yang sangat penting.

  1. Ikuti Lelang

Lelang proyek juga seringkali dilakukan oleh pemerintah atau swasta untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta lelang yaitu menyertakan rekening koran. Dengan menyertakan rekening koran, maka pemilik proyek akan mengetahui bahwa anda memiliki dana untuk bersaing mendapatkan proyek.

  1. Audit Keuangan

Perusahaan memang motor pengerak perekonomian di Indonesia, karena hadirnya perusahaan mampu menampung banyak pekerja di dalamnya. Proses audit perusahaan seringkali dilakukan untuk mewujudkan tertib administrasi. Rekening koran menjadi dokumen yang sangat penting dalam perusahaan untuk melakukan rekap berbagai daftar keuangan.

Bagaimana Cara Mengajukannya?

cara mengajukan rekening koran

Untuk mengajukan pembuatan rekening jenis ini, maka anda bisa mengunjunggi kantor unit atau cabang bank terdekat. Pembuatannya biasanya akan dilayani oleh customer service yang disediakan pihak bank, apabila pejabat banknya sedang berada di tempat dan tidak sibuk, maka rekening koran akan dikeluarkan dengan sangat cepat.

Pada dasarnya dalam penerbitannya membutuhkan tanda tangan dari para pejabat yang sudah senior dan biasanya akan dilengkapi dengan stempel atau cap yang diberikan oleh pihak bank.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengajukan rekening koran dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?