fbpx
Keuangan

FUNGSI BANK BERDASARKAN UNDANG UNDANG PERBANKAN

Istilah bank merupakan sebuah istilah yang familiar, karena keberadaan bank sangatlah mudah ditemukan. Jenis bank di Indonesia juga bervariasi, sehingga pilihan bank menjadi lebih veriatif. Bank memang diselenggarakan dengan berbagai aturan yang jelas, karena tercantum dalam undang-undang perbankan yang sudah memiliki ketetapan hukum. Keberadaan Bank memiliki banyak kegunaan buat masyarakat, sehingga menjadi komponen yang sangat penting.

Fungsi Bank Berdasarkan Undang-Undang Perbankan

fungsi bank umum

Menghimpun Dana

Bank diselenggarakan sebagai tempat untuk menghimpun dana dari masyarakat dan cara penghimpunannya dilakukan dengan mengadakan berbagai produk tabungan. Dengan produk penyimpanan berkualitas, maka masyarakat akan sadar mengenai pentingnya menyimpan uang di bank dan tidak hanya tabungan biasa, bank juga seringkali menawarkan program deposito.

Salurkan Dana

Dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat memang tidak dibiarkan menumpuk di bank, namun dananya dikelola dan dikembangkan untuk hasilkan keuntungan buat nasabah. Bank juga diselenggarakan dengan tujuan membantu pembangunan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, sehingga bank memiliki wewenang untuk menyalurkan dana.

Layanan Jasa Bank

Bank tidak hanya memberikan layanan kredit untuk masyarakat, namun bank juga menyediakan berbagai layanan jasa yang membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Awalnya bank memang hanya menyediakan layanan transfer untuk memudahkan perputaran uang, namun kini layanan yang dilakukan bank sangatlah beragam.

Kini masyarakat yang bisa menikmati layanan bank sudah sangat merata, sehingga lapisan masyarakat paling bawahpun sudah memperoleh manfaatnya. Berbagai transaksi pembayaran dan pembelian menjadi lebih cepat. Kini bank menyediakan layanan pembayaran telepon, pembelian tiket, pembayaran listrik dan berbagai layanan pembayaran lainnya.

Kegiatan Operasional Bank Umum

kegiatan bank umum

Himpun Dana

Pada dasarnya fungsi bank yang utama adalah melakukan pengumpulan dana dari masyarakat dan upayanya dilakukan dengan memberikan berbagai layanan produk keuangan. Himpun dana yang dilakukan bank umum dilakukan dengan layanan deposito, giro dan tabungan. Layanan bank umum sangatlah membantu masyarakat dalam hal penyimpanan uang.

Pemberian Kredit

Untuk menambah berbagai layanan yang diberikan bank umum, maka kini disediakan pula layanan kredit. Kredit yang diberikan sangatlah membantu masyarakat seperti kredit pinjaman modal dan kredit untuk pembelian rumah. Dengan layanan kredit, maka masyarakat bisa lebih ringan saat ingin memiliki sebuah rumah atau hunian.

Pemindahan Dana

Bank umum juga membantu masyarakat dalam hal pemindahan dana secara cepat. Dengan metode transfer antar bank yang sama atau berbeda, maka uang yang ada di rekening akan cepat berpindah. Pemindahan uang cepat juga bisa menunjang pemeretaan pembangunan nasional, karena pemindahan uang bisa dilakukan oleh sebuah bank untuk kepentungan suatu lembaga.

Penyimpanan Barang

Bank umum juga menyediakan layanan jasa untuk penyimpanan barang atau berbagai surat berharga secara aman. Penyimpanan surat berharga di rumah memang memiliki resiko yang tinggi, sehingga lebih aman disimpan di bank. Bank menyediakan layanan safety box untuk masyarakat yang ingin mengaamankan surat berharga atau harta bendanya.

Penempatan Dana

Bank umum juga berfungsi sebagai penempatan dana yang sangat efektif. Bank umum akan melakukan penempatan dana para nasabah terhadap nasabah lainnya dengan menggunakan surat berharga. Pada dasarnya surat berharganya tidak tercatat di bursa efek, sehingga berbeda dengan reksana ataupun saham.

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi bank berdasarkan undang-undang perbankan dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?