fbpx
Keuangan

CARA LAPOR SPT TAHUNAN ONLINE

Kini pelaporan SPT tahunan tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke kantor, namun kini lapor SPT tahunan juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah secara online. DPJ menyiapkan program e-Filing untuk memudahkan dalam penyampaian SPT tahunan.

Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT merupakan salah satu dokumen tahunan yang dipakai untuk melaporkan tentang perpajakan dan wajib pajak harus membayar ketentuan pajak sesuai dengan undang-undang perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak atau DJP memang selalu menghimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak tetap waktu.

Dengan menggunakan e-Filing, maka pelaporan pajak bisa dilakukan secara real time. Setidaknya ada beberapa cara lapor spt tahunan online yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses pelaporan pajak.  

Panduan Cara Isi dan Lapor SPT Tahunan Menggunakan Laptop atau Ponsel

  1. Buka Situs
buka web pajak

Langkah pertama untuk melakukan laporan perpajakan bisa dimulai dengan mengakses situs https://djponline.pajak.go.id di ponsel atau komputer. Disini akan ada tampilan login seperti harus mengisi NPWP, password dan isi kode verifikasi. Apabila belum memiliki akun login, maka anda harus registrasi dulu dengan mengisi NPWP, Masukan nomor EFIN yang diperoleh dari Kantor Pelayanan Pajak dan masukan kode keamanan. 

  1. Buat SPT
buat spt

Setelah login, maka anda harus memiliki layanan “e-Filing” dan setelah layanan terbuka, maka langsung tekan tombol “Buat SPT”. Pada tampilan SPT 1770 SS ada beberapa pilihan yang harus diisi seperti pilih tahun pajak, status SPT dan setelah ditentukan, maka anda tinggal tekan tombol berikutnya.

  1. Formulir SPT
simulasi efiling

Pada bagian formulir juga akan ada beberapa pilihan yang harus ditentukan. Pertanyaan pertama “Apakah anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas?”, maka anda pilih “Tidak”. Pertanyaan kedua “Apakan anda seorang suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau pisah harga?”, maka anda pilih “Tidak”.

Pertanyaan ketiga “Apakah penghasilan bruto yang anda peroleh selama setahun kurang dari 60 juta rupiah?”, pada bagian ini anda pilih “Ya”. Setelah terisi semuanya, maka anda harus menekan tombol “SPT 1770 SS”.

isi data spt

Pada tampilan selanjutnya, anda juga harus mengisi beberapa pilihan yang tersedia. Kolom A tentang pajak penghasilan harus diisi sesuai dengan formulir 1721-A1/A2. Kolom B tentang penghasilan yang dikenakan Pph final dari yang dikecualikan dari objek pajak, bagian ini bisa di isi jika ada.

Kolom C tentang daftar harta dan kewajiban, bagian ini harus diisi jumlah keseluruhan harta dan kewajiban. Kolom D tentang penyataan dan anda harus berikan centang “Setuju”. Setelah itu tekan tombol “Berikutnya”.

  1. Verifikasi
ringkasan spt

Pada tampilan berikutnya, anda akan menemukan beberapa kolom dan anda langsung menuju ke kolom verifikasi, kemudian anda pilik “Klik disini” untuk mengirim kode ke email anda. Kemudian ambil kode verifikasi dan masukan ke kolom yang tersedia, kemudian anda tinggal pilih tombol “Kirim SPT”.

  1. Penilaian Layanan

Setelah kirim SPT berhasil dilakukan, maka akan muncul tampilan penilaian. Anda akan diberikan pilihan puas atau tidak dengan layanan e-Filing dan penilaian anda akan dijadikan acuan untuk peningkatan layanan. Anda juga bisa menekan pilihan tutup di bagian bawah.

  1. Buka Email
penerimaan elektronik spt

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membuka email dan anda akan menerima email Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh. Apabila sudah ada di email, berarti proses lapor SPT tahunan anda sudah berhasil. Untuk melakukan proses pengajuan dengan lancar, maka jangan lupa perhatikan koneksi internetnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara lapor spt tahunan online dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca. 

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?