fbpx
Keluarga

PENGERTIAN ASURANSI SYARIAH

Kini produk keuangan yang berbasis syariah memang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, karena hal-hal yang berbasis syariah biasanya akan mementingkan aturan agama islam di dalamnya. Pada dasarnya asuransi syariah sering dianggap sebagai wadah yang tepat untuk peroleh perlindungan dengan mengutamakan prinsip islam.

Asuransi Syariah merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk saling melindunggi dan saling menolong antar sesama manusia. Bentuk pertolongannya yaitu dengan investasi aset, namun pola pengembaliannya sesuai dengan syariah islam dan untuk menhadapi berbagai resiko yang mungkin saja terjadi, maka dilakukan akad atau perikatan yang di dasarkan ajaran agama islam.

Pada dasarnya ada 2 akad yang dilakukan dalam proses asuransi syariah yaitu akad tijarah atau sering disebut dengan akad dengan maksud komersil dan akad tabaruu yaitu akad dengan maksud kebaikan, karena saling tolong-menolong. Penentuan premi asuransi syariah juga menggunakan berbagai rujukan dan 2 jenis premi yang bisa diinvestasikan yaitu mudharabah dengan tabarru. 

asuransi syariah

Berbagi Resiko

Para peserta asuransi syariah akan mengenal istilah tabarru atau premi yang sifatnya sangat kontributif. Tidak hanya itu, asuransi syariah juga memiliki tujuan mulia yaitu untuk saling tolong-menolong. Biasanya dana tabarru akan dikumpulkan dengan berbagai kegunaan atau manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh para pesertanya.

Konsep Risk Sharing atau berbagi resiko dilakukan untuk santunan asuransi, santunan asuransi, membayar klaim dan masih banyak yang lainnya. Dana yang terkumpul dalam asuransi syariah, akan dikelola oleh perusahaan asuransi dengan sangat baik dan dijalankan seuai syariat islam. Dengan konsep berbagi resiko, maka asuransi bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan para peserta.

Beda Perjanjian

Asuransi syariah menjadi salah satu jenis asuransi yang sangat mengedepankan suatu perjanjian, sehingga tidak bertujuan untuk berbohong atau menipu. Tolong menolong memang sangatlah penting untuk dilakukan dan hal ini menjadi dasar munculnya asuransi perjanjian. Apabila anda melakukan klaim sebuah resiko, maka anda akan menerima dana yang sebagiannya dihasilkan dari dana peserta lain.

Tak Akan Hangus

Dana yang sudah disetor ke perusahaan asuransi syariah, tentu tidak akan menjadi hangus dan dana tidak akan menjadi milik perusahaan, namun dana akan dikelola pihak perusahaan dengan digabungkan hasil keseluruhan peserta yang mendaftar. Saat jangka waktu yang disepakati sudah habis, maka dana yang disetor akan dikembalikan lagi dan perusahaan pengelola hanya akan mengambil imbalan sedikit.

Pengelolaan Dengan Prinsip Syariah

Perusahaan asuransi syariah biasanya akan melakukan pengelolaan dana, supaya bisa hasilkan keuntungan dan tujuan keuntungan untuk membiayai resiko yang berkaitan dengan peserta asuransi. Dana yang disetorkan untuk para peserta juga bisa di investasikan dalam emiten, karena perusahaan emiten tidak melanggar berbagai aturan dalam islam.

Peserta Bisa Untung

Dalam asuransi syariah, uang yang dikumpulkan oleh tidak akan menjadi milik perusahaan. Perusahaan asuransi syariah hanya berwenang untuk mengelola saja Dengan proses pengelolaan yang benar, maka keuntungan yang diperoleh bisa berlipat ganda. Besaran keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi biasanya akan dibagikan kepada seluruh peserta asuransi syariah.

Transparan

Asuransi syariah juga akan melakukan sistem pengelolaan yang transparan seperti pembagian hasil investasi dan surplus underwriting. Apabila anda bertindak sebagai peserta, maka anda bisa memperoleh laporan yang sangat transparan. Semakin profesional pengelolaan, maka akan semakin bertambah kemajuan suatu perusahaan.

Berzakat

Bagi anda yang sudah menjadi anggota asuransi syariah, maka anda akan memiliki kewajiban bayar zakat dan untuk besaran zakatnya akan disesuaikan dengan keuntungan yang diperoleh.

Demikian ulasan singkat mengenai asuransi syariah dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?