fbpx
Keluarga

CARA MUDAH CEK TAGIHAN BPJS BULANAN

Layanan BPJS juga memiliki biaya iuran yang terbilang sangat terjangkau, sehingga sangat menguntungkan bagi masyarakat. BPJS memang diadakan dengan mementingkan kemudahan masyarakat dalam akses kesehatan. Masyarakat diharuskan membayar tagihan BPJS setiap bulannya dan ada beberapa cara cek tagihan bpjs yang bisa dilakukan.

Layanan asuransi kesehatan yang paling populer di Indonesia adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, maka banyak masyarakat yang memutuskan untuk bergabung dengan BPJS. Tidak hanya masyarakat menengah ke atas, namun layanan BPJS juga menyasar masyarakat menengah ke bawah.

 Ketika anda bergabung dalam layanan BPJS kesehatan, maka anda diharuskan membayar iuran bulanan dengan biaya yang bervariasi dan biaya ini sangat disesuaikan dengan jenis layanan yang diberikan. Ada 3 kelas yang disiapkan yaitu kelas 1 Rp 150.000, kelas 2 Rp 100.000 dan kelas 3 Rp 25.000. Setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengecek jumlah tagihan BPJS.

Website BPJS

Cara yang pertama mengharuskan anda membuka situs https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking di ganget atau di komputer. Pada bagian pengecekan tagihan akan ada beberapa data yang harus di isi seperti nomor kartu BPJS dan tanggal lahir pemegang kartu. Ada juga harus mengisi validasi yang tersedia, kemudian klik “Cek” dan setelah itu rincian akan muncul secara otomatis.

SMS Gateway

Cek tagihan BPJS juga bisa dilakukan dengan menggunakan layanan SMS Gateway dan layanan ini sangatlah memudahkan, bagi anda yang jarang akses internet. Layanan SMS gateway yang disediakan BPJS bisa di akses dengan jaringan seluler dengan nomor 08777 5500 400 dan dengan SMS gateway, anda bisa memperoleh berbagai informasi yang terbilang penting mengenai BPJS.

Selain bisa mengecek jumlah tagihan BPJS, cara SMS gateway juga bisa memberitahukan jumlah denda yang harus ditanggung peserta saat nunggak bayar. Layanan BPJS kesehatan bisa di cek menggunakan SMS gateway dengan memasukan data nomor induk kependudukan yang di lihat dari kartu tanda penduduk dan masukan juga nomor kartu BPJSnya.

Langkah pengiriman SMS gateway sangatlah mudah yaitu dengan ketik “Tagian(spasi)nomor kartu BPJS kesehatan” contohnya “Tagihan 0220123456444”. Setelah data sudah benar, anda bisa langsung kirim SMS ke nomor 087775500400. Anda tinggal menunggu beberapa waktu sampai ada SMS balasan yang memberitahukan jumlah tagian BPJS kesehatan.

Aplikasi Mobile JKN

Anda bisa download aplikasi mobile JKN di play store untuk pengguna android dan di App Store untuk pengguna Ios, kemudian anda harus melakukan registrasi akun dan login ke akun JKN anda. Pada bagian tampilan aplikasi, silahkan anda pilih menu tagihan dan langsung pilih premi. Setelah itu akan muncul informasi tagihan BPJS kesehatan anda.

Aplikasi mobile JKN juga disediakan secara gratis dan bisa diakses dimana saja, asalkan ada koneksi internet. Cara mengecek tagihan dengan aplikasi sangatlah menguntungkan, karena anda juga bisa memperoleh berbagai informasi layanan terbaru dengan mengakses aplikasi.

Pakai Channel Lain

Untuk mengecek tagihan BPJS juga bisa dilakukan dengan menghubunggi call center BPJS kesehatan di nomor 1500 400. Layanan jemput bola yang dilakukan oleh pihak BPJS seperti Mobile Customer Service atau MCS dan anda juga bisa melakukan cek tagihan di berbagai mall pelayanan publik atau MPP yang sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara cek tagihan bpjs dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?