fbpx
Keluarga

CARA MENGHITUNG ZAKAT MAL

Pembayaran zakat yang paling populer adalah zakat fitrah dan pembayaran zakat fitrah harus dibayarkan sebelum malam idul fitri. Namun tidak hanya itu, ada juga zakat mal. Untuk mengeluarkan zakat mal, maka ada berbagai ketentuan atau syarat yang harus terpenuhi.

Dasar Hukum Zakat Mal

Dasar Hukum Zakat Mal

Zakat merupakan salah satu jenis amal yang harus dikeluarkan oleh individu atau lembaga, pada saat memperoleh penghasilan yang besar. Zakat mal diambil dari bahasa Arab yaitu Maal yang berarti harta. Zakat mal harus dikeluarkan saat penghasilan melebihi nisab dalam kurun waktu satu tahun. Dengan dasar hukum yang jelas, maka pemberian zakat mal memiliki berbagai persyaratan tertentu.

Syarat Zakat Mal

Dasar Hukum Zakat Mal

Harta Penuh

Syarat pertama seseorang atau lembaga harus mengeluarkan zakay adalah memiliki suatu harta penuh atau harta yang tidak berkaitan dengan orang lain. Apabila penghasilan yang diperoleh merupakan penghasilan yang harus dibagi lagi dengan rekan bisnis atau yang lainnya, maka anda belum harus membayar zakat mal.

Berkembang

Harta berkembang adalah harta yang dipakai untuk kepentingan usaha atau bisnis, sehingga harta tersebut memiliki potensi untuk bertambah nilainya. Apabila anda sudah memiliki harta yang berkembang, maka anda sudah harus membayarkan zakat mal.

Capai Nisab

Nisab merupakan batas minimal harta untuk mengukur kewajiban membayar pajak. Jumlah nisab zakat mal memang sudah ditentukan oleh para ulama, sehingga anda bisa mengikuti ketentuannya. Harta yang belum memenuhi nisab tidak diwajibkan untuk di zakatkan.

Harta Lebih

Apabila kebutuhan pokok anda sudah terpenuhi dengan baik dan keluarga anda sudah benar-benar makmur, maka anda harus membayar zakat mal. Dengan cara berzakat, maka anda akan mensucikan semua harta yang dimiliki.

Tidak Berhutang

Dalam menjalani kehidupan di dunia, manusia seringkali berkutat dengan kebutuhan hidup dan salah satu cara pemenuhannya yaitu dengan berhutang. Apabila anda masih memiliki hutang yang belum lunas, maka anda belum wajib untuk melakukan pembayaran zakat mal. Namun saat anda tidak memiliki hutang dan penghasilan melebihi kebutuhan pokok, maka anda wajib untuk membayar zakat mal.

Kepemilikan Satu Tahun

Apabila anda memiliki harta yang sudah mencapai 1 tahun, maka anda diharuskan membayarkan zakat mal. Harta yang kepemilikan satu tahun seperti perhiasan, perniagaan, harta simpanan dan kepemilikan hewan ternak.

Cara Menghitung Zakat Mal

Cara Menghitung Zakat Mal

Untuk menghitung jumlah zakat mal yang harus dibayarkan, maka ada berbagai ketentuan yang sudah sah menurut para ulama. Ketentuan zakat mal yaitu 2,5% dikalikan dengan jumlah harta yang sudah tersimpan selama satu tahun. Khusus untuk zakat yang berkaitan dengan emas, perak dan perniagaan, maka nisabnya sekitar 85 gram emas murni.

Misalnya, Maria memiliki jumlah tabungan sekitar 150 juta, kemudian memiliki deposito di bank sekitar 200 juta, kemudian nilai kontrakan sebesar 300 juta dan simpanan emas sekitar 350 juta. Total harta yang dimiliki Maria yaitu sekitar Rp 1 miliar.

Ketika harga emas berada di kisaran Rp 600.000, maka nisab zakat mal yang harus terpenuhi Maria yaitu sekitar Rp 51 juta. Perhitungan zakat mal Maria yaitu Rp 1 Miliar x 2,5% = Rp 25 juta per tahun. Dari data tersebut, Maria berkewajiban mengeluarkan zakat Rp 25 juta setiap tahunnya.
Demikian ulasan singkat mengenai cara menghitung zakat mal dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?