fbpx
Keluarga

APA ITU ASURANSI KESEHATAN DAN SIAPA YANG HARUS MEMILIKINYA

Dulu asuransi kesehatan memang dianggap tidak penting oleh sebagian orang, sehingga seringkali diabaikan. Namun sekarang sudah banyak yang sadar mengenai pentingnya asuransi. Asuransi menjadi cara yang tepat untuk berjaga-jaga dari berbagai musibah yang bisa saja menimpa.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

apa itu asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang dijalankan untuk memberikan jaminan kesehatan dan perlindungan yang di tawarkan biasanya perawatan sakit atau mengalami kecelakaan. Tidak hanya untuk perlindungan rawat inap dan perawatan pasca operasi, kini asuransi kesehatan juga berlaku untuk menanggung biaya lahiran normal atau sesar.

Untuk mendapatkan manfaatnya setiap pemegang polis harus membayar premi asuransi setiap bulannya dan besar biaya preminya sangatlah bervariasi, tergantung kemampuan pemegang polis. Asuransi swasta memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan layanan BPJS kesehatan seperti kecepatan layanan, fleksibel dan proses pelayanan mudah.

Siapa yang harus memilikinya?

siapa yang membutuhkan asuransi kesehatan

Siapapun perlu memiliki jaminan kesehatan, karena musibah sakit atau kecelakaan bisa terjadi tiba-tiba dan bisa menimpa siapapun. Asuransi kesehatan sebaiknya dimiliki sejak lahir, agar bisa hidup lebih tenang. Apabila ada berbagai kondisi yang darurat, maka tidak perlu ragu untuk berobat ke dokter dan menerima tindakan medis yang intens.

Mengapa Butuh Asuransi Kesehatan?

mengapa harus memiliki asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan sangatlah penting untuk menjamin kehidupan yang lebih aman, karena memiliki banyak sekali manfaat. Apabila anda dirawat di rumah sakit dalam waktu yang lama, maka anda tidak perlu menyiapkan uang untuk bayar perawatan rumah sakit. Dengan memiliki asuransi ini maka anda akan lebih tenang pada saat dirawat di rumah sakit.

Selain itubagi para penderita penyakit kronis yang membutuhkan rawat jalan atau rawat inap secara rutin akan sangat terbantu dengan adanya asuransi ini. Anda tidak perlu lagi beberapa kali membayar saat rawat jalan dan tidak hanya perawatannya yang ditanggung, namun juga sudah sepakat dengan berbagai obat yang diperlukan.

Apa Saja Jenisnya?

jenis asuransi kesehatan

Berdasarkan jenis perawatannya asuransi jeni ini dibedakan menjadi 2 yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan. Perbedaannya adalah untuk rawat inap adalah asuransi yang dikeluarkan untuk pasien yang melakukan perawatan atau opname di suatu ruangan rumah sakit. Sedangkan rawat jalan adalah asuransi yang menanggung berbagai biaya perawatan pasien, namun pasiennya tidak perlu di opname.

Jenisnya dibedakan berdasarkan keikutsertaannya, yaitu asuransi kesehatan wajib dan sukarela. Asuransi kesehatan wajib adalah asuransi yang mewajibkan individu untuk membayar polis asuransi setiap bulannya. Sedangkan sukarela adalah asuransi yang dibayarkan individu secara bebas, sehingga tidak adanya suatu keharusan.

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung terbagi menjadi tanggungan total dan tanggungan tinggi. Asuransi tanggungan total memungkinkan berbagai biaya perawatan seseorang ditanggung langsung oleh pihak asuransi. Sedangkan tanggungan tinggi yaitu asuransi yang menanggung berbagai ancaman kesehatan yang jumlahnya besar.

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan pihak yang ditanggung terdiri dari asuransi personal dan kelompok. Jenis personal adalah asuransi yang diberikan untuk personal atau pribadi. Sedangkan asuransi kelompok adalah asuransi yang diberikan kepada suatu kelompok tertentu.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Asuransi?

Ada berbagai kriteria produk asuransi yang berkualitas seperti memilih asuransi yang 0 copayment, berlaku seumur hidup, masa tunggu penyakit dan biaya kamar. Semuanya sangat penting untuk diperhatikan, agar tidak salah dalam menentukan akan menggunakan perusahaan asuransi. Dengan produk asuransi yang berkulitas, maka anda bisa memperoleh layanan yang baik. 

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?