fbpx
Investasi

TIPS SUKSES INVESTASI REKSADANA UNTUK PARA PEMULA

Investasi merupakan jenis investasi di Indonesia yang sudah sangat dikenal di kalangan investor. Investasi menjadi kegiatan yang harus dipahami dengan baik, karena reksadana merupakan investasi yang tidak biasa dijalankan secara asal. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan saat melakukan investasi reksadana ini terutama untuk para pemula. Investasi menjadi cara tepat untuk mempersiapkan masa depan, agar kondisi keuangan tetap stabil.

Jenis investasi terbagi menjadi dua yaitu investasi riil dengan non riil. Jenis investasi keuangan memiliki berbagai macam seperti obligasi, reksadana, deposito dan juga saham. Reksadana menjadi salah satu investasi yang cocok dijalankan para pemula. Namun ada beberapa tips yang bisa ditempuh untuk sukses dalam investasi reksadana.

Paham Mengenai Reksadana

Paham Mengenai Reksadana

Banyak orang yang terjun ke investasi reksadana, karena jenis investasi ini terbilang mudah dan investasi reksadana bisa dijalankan tanpa pengalaman, sehingga pemula juga bisa menjalankannya. untuk memulai melakukan investasi reksadana, maka anda harus memahami dulu apa itu reksadana dan pahami pengertian reksadana dengan baik.

Reksadana menjadi wadah yang bisa dipakai masyarakat untuk melakukan investasi di berbagai instrumen pasar uang dan reksadana menjadi kegiatan investasi yang sangat aman, karena menjadi investasi yang resmi. Aturan mengenai reksadana tercantum dalam undang-undang pasar modal no 8 yang dikeluarkan pada tahun 1995.

Paham Sistem Kerja Investasi Reksadana

Paham Sistem Kerja Investasi Reksadana

Tips terpenting mempelajari reksadana untuk pemula adalah memahami sistem kerja investasi reksadana dengan baik, supaya investasi ini bisa dijalankan dengan lancar. Investasi reksadana akan memerlukan verifikasi investasi yang dipecah menjadi berbagai instrumen dan investasi jenis ini tidak hanya ditanamkan dalam satu perusahaan saja, namun bisa diterapkan di berbagai perusahaan.

Apabila nilai saham di suatu perusahaan mengalami penurunan, maka dana yang telah di investasikan belum tentu menurun. Anda bisa aman melakukan investasi, karena investasi anda disimpan pada berbagai instrumen yang berbeda atau perusahaan yang lainnya. Peran manajer investasi sangatlah vital dalam investasi reksadana.

Reksadana menjadi investasi yang akan memberikan return dalam jumlah yang besar dan reksadana menjadi instrumen investasi yang sangat mudah untuk diakses. Reksadana juga memiliki cakupan investasi yang sangat luas, sehingga informasi mengenai reksadana perlu dipahami dengan baik. Jangka waktu juga menjadi salah satu informasi penting dalam menjalankan investasi reksadana.

Tentukan Tujuan

Tentukan Tujuan

Ketika anda sudah mengetahui banyaknya jenis reksadana, maka anda harus menentukan tujuan dari reksadana tersebut. Dengan menentukan tujuan yang jelas, maka anda bisa menentukan kebutuhan waktu investasinya. Semakin jelas tujuannya, maka investasi reksadana akan lebih mudah dijalankan dan anda bisa lebih berani menjalankan investasinya.

Target yang jelas, akan membuat investasi menjadi lebih terarah dan anda bisa fokus dengan tujuannya. Reksadana memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga anda harus memperkecilnya dan tujuan memperkecil untuk membuat anda lebih fokus. Aspek tujuan tidak boleh diabaikan, apabila anda ingin sukses dalam investasi reksadana.

Pahami Jenis-Jenis Reksadana

Pahami Jenis-Jenis Reksadana

Secara umum, jenis reksadana sangatlah banyak dan semua jenisnya memiliki kriteria yang berbeda-beda. Investasi reksadana memiliki empat jenis dan semua jenisnya aman untuk dijalankan. Pertama adalah reksadana pasar uang yang menempatkan uang di deposito, obligasi dan sertifikat bank Indonesia atau disingkat SBI.

Pada dasarnya waktu jatuh tempo reksadana pasar uang yaitu kurang dari satu tahun, sehingga jenis ini menjadi investasi jangka pendek. Jenis reksadana pasar uang juga memiliki resiko yang kecil, namun peluang untungnya juga kecil. Reksadana pendapatan tetap yaitu reksadana yang alokasi dananya ke obligasi dengan minimal 80%, sehingga keuntungan yang bisa diperoleh lumayan tinggi.

Reksadana campuran merupakan jenis reksadana yang mencampurkan aturan reksadana pasar uang dengan reksadana pendapatan tetap. Reksadana ini memiliki resiko tinggi, namun peluang untungnya juga sangatlah besar. Meskipun besar atau kecil keuntungan yang bisa diperoleh, maka pemula harus tetap berhati-hati dalam menentukan jenis investasi.

Reksadana index merupakan jenis investasi yang sangat mirip dengan investasi saham, karena jenis investasi ini diperjual belikan di bursa efek. Harga reksadana index bisa naik turun seperti halnya harga saham. Reksadana index biasanya akan berisikan berbagai index yang bisa dikelola dengan pasif, sehingga tidak memerlukan jual beli di lantai bursa.

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan 

Pahami Jenis-Jenis Reksadana

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam reksadana adalah menentukan jenis investasi dengan melihat kondisi keuangan atau modal, sehingga anda tidak akan merasa keberatan. Tups untuk para pemula bisa memilih jenis reksadana pasar uang yang memiliki resiko rendah, meski keuntungan yang bisa diperoleh tidak akan besar.

Namun jika anda memiliki uang yang besar dan memiliki percaya diri yang tinggi, maka anda bisa memilih jenis investasi yang memiliki resiko tinggi. Keberanian dalam melakukan investasi akan memunculkan 2 kondisi, baik itu kesuksesan atau kehancuran. Pertimbangkan pemilihan reksadana dengan sangat matang.

Langkah berikutnya anda harus menentukan produk reksadananya dengan cara perhatikan berbagai rekam jejak keuntungan dalam kurun waktu minimal 3 tahun terakhir. Anda juga bisa menanyakan pengalaman nasabah lain untuk bahan pertimbangan. Dengan melakukan berbagai langkah yang tepat, maka investasi reksadana anda bisa hasilkan keuntungan yang besar.

Paham Istilah Reksadana

Paham Istilah Reksadana

Tips terakhir yang juga harus dilakukan para pemula saat masuk ke dunia Reksadana adalah memahami apa saja istilah yang ada didalamnya, sehingga sangat perlu untuk mempelajarinya. Istilah yang paling sering ditemukan yaitu Nilai Aktiva Bersih atau NAB dan Unit Penyertaan atau UP. Pada dasarnya NAB merupakan jumlah keseluruhan dana yang dikelola di investasi reksadana. NAB biasanya akan mencakup obligasi, saham, deposito dan kas. 

Sedangkan UP merupakan satuan ukuran yang biasanya akan menunjukkan jumlah penyertaan yang dipunyai oleh suatu investor, sehingga istilah UP sangat berkaitan dengan NAB yang dipecah ke berbagai instrumen. NAB atau UP menyatakan nilai aktiva per unit penyertaannya dan menjadi transaksi yang dilakukan atas dasar nilai suatu reksadana.

Subscription merupakan suatu istilah yang berkaitan dengan biaya untuk membeli produk reksadana dan biaya yang biasanya diterapkan sekitar 0% sampai dengan 5%. Redemption merupakan istilah yang sangat berkaitan dengan biaya penjualan produk reksadana dan biayanya sekitar 0% sampai dengan 5% dari nilai uang yang diinvestasikan.

Prospektus merupakan istilah yang berkaitan dengan profil perusahaan dengan berbagai laporan keuangan tahunannya, sehingga dipakai sebagai gambaran harga saham. Manajer investasi merupakan istilah yang berkaitan dengan pengelola dana investasi. Bank kustodian merupakan istilah yang berkaitan dengan lembaga keuangan yang bertgas sebagai administrator.

Portofolio Efek menjadi istilah yang berkaitan dengan surat berharga dalam investasi reksadana. Transaksi Disbursement menjadi istilah yang menjelaskan mengenai transaksi pembayaran atau pencairan di sebagian unit yang dipunyai investor. Pihak yang akan melakukan pembayaran adalah manajer investasi dengan intruksi langsung ke bank kustodian. 

Transaksi Switching merupakan istilah pengalihan dari salah satu jenis reksadana ke jenis reksadana lainnya. KIK atau kontrak investasi kolektif merupakan istilah yang berkaitan dengan kontrak antara bank kustodian dengan manajer investasi yang mengelola reksadana.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips sukses investasi reksadana untuk para pemula dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?