fbpx
Investasi

OBLIGASI: PENGERTIAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Ketika anda sudah memiliki penghasilan yang stabil, maka anda akan lebih mudah untuk melakukan berbagai rencana masa depan. Namun tenaga untuk bekerja tidak akan selamnya kuat, sehingga dibutuhkan tabungan masa depan yang dipersiapkan dengan. Investasi menjadi cara tepat persiapkan masa depan dan salah satu produk obligasi yang rekomended untuk dipilih adalah Obligasi. Kali ini kita akan mempelajari pengertian obligasi beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Obligasi

pengertian obligasi

Obligasi menjadi suatu istilah dalam dunia pasar modal yang berkaitan dengan surat penyataan utang yang dimiliki oleh penerbit obligasi dan surat pernyataannya sengaja ditujukan untuk para pemegang obligasi. Sesuai dengan pengertian, pihak penerbit obligasi sering disebuat sebagai pihak yang berhutang atau memiliki hutang dan pihak pemegang obligasi sering disebut sebagai pihak yang miliki piutang.

Surat obligasi biasanya menyertakan berbagai informasi seperti jatuh tempo pembayaran utangnya dan pembayaran bunga yang harus menjadi tanggung jawab pemegang obligasi. Pada dasarnya jangka waktu yang banyak berlaku di Indonesia yaitu sekitar 1 sampai dengan 10 tahun. Obligasi biasanya dikeluarkan dengan tujuan untuk menghimpun dana yang diperoleh masyarakat untuk dipakai menjadi sumber pendanaan.

Obligasi bisa berguna bagi anda yang ingin memiliki dana besar untuk keperluan bisnis. Obligasi juga dipandang sebagai sumber pendanaan untuk menutup berbagai defisit negara. Obligasi juga bisa diperjualbelikasi secara online. Obligasi akan diperoleh dari pihak penerbit yang telah mencapai kata sepakat untuk melaksanakan kegiatan jual-beli.

Kelebihan Obligasi sebagai Investasi

Keuntungan Kupon Bunga

Pada dasarnya keuntungan yang diperoleh dari kupon bunga obligasi terdiri dari fixed coupon atau kupon tetap dan variable coupon atau kupon mengambang. Tak hanya itu, ada juga obligasi yang menggunakan kupon zero coupon bond. Sedangkan imbal balik yang diperoleh dari obligasi sangat tergantung dari waktu obligasinya dan biasanya, semakin lama akan besar keuntungannya.

Keuntungan Selisih Harga

Selisih harga obligasi juga akan memberikan keuntungan yang dinyatakan dalam persentase setelah di perdagangkan dan harga awalnya biasanya diperoleh dari obligasi 100%. Ketika obligasi akan dijual, maka harganya akan menjadi naik sampai 115% dan anda akan mendapatkan keuntungan atau capital gain sekitar 15%.

Aman

Obligasi menjadi cara berinvestasi yang sangat aman, karena pembayaran kupon akan dijamin langsung oleh undang-undang no 24 tahun 2002 atau dijamin dengan undang-undang no 19 tahun 2008. Dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, maka melakukan investasi dengan cara investasi sangatlah rekomended untuk dilakukan.

Dijadikan Agunan

Obligasi juga memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan deposito. Obligasi juga sangat mudah untuk bisa diperdagangkan di pasar sekunder yang diatur dengan menggunakan mekanisme bursa efek Indonesia atau BEI atau berbagai transaksi yang dilakukan di luar bursa. Obligasi juga bisa menjadi jaminan sebagai agunan.

Kekurangan Obligasi sebagai Investasi

Gagal Bayar

Obligasi sebagai investasi memiliki risiko gagal bayar yang sangat besar, karena investor memiliki risiko tidak memperoleh keuntungan dan tidak bisa mengembalikan seluruh pokok utang. Namun kekurangan gagal bayar tidaklah berlaku untuk obligasi negara, karena jenis obligasi negara telah dilindunggi undang-undang.

Rentan

Obligasi sebagai investasi juga sangat rentan terhadap berbagai perubahan suku bunga, politik dan ekonomi yang tidak stabil. Rentan munculnya perubahan sangat berpengaruh terhadap pasar keuangan. Pada dasarnya menjual obligasi sebelum jatuh tempo akan menimbulkan kerugian buat investor dan harga jual akan lebih kecil dibanding harga beli.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian obligasi beserta dengan kelebihan dan kekurangannya, semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?