fbpx
Investasi

CARA MEMULAI INVESTASI REKSADANA

Investasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan masa depan, sehingga tidak kekurangan uang saat masuk masa pensiun. Dengan investasi, maka anda bisa hidup lebih tenang saat menghadapi masa tua. Investasi reksadana menjadi jenis investasi yang rekomended untuk dilakukan, karena investasi ini bisa mendulang keuntungan besar dengan modal yang kecil.

Ketika anda mau mulai membeli reksadana, maka anda harus menentukan dulu tujuan dari investasinya. Tujuan investasi biasanya akan berhubungan dengan jangka waktu investasinya dan akan berpengaruh terhadap pemilihan jenis investasinya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memulai investaso reksadana.

Tentukan Platform

Untuk melakukan investasi reksadana, maka hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan platform investasinya. Apabila anda ingin mendapatkan platform investasi reksadana yang miliki banyak pilihan, maka anda pelu memilih platform reksadana online yang menjual berbagai produk. Contoh platform reksadana ini seperti Tokopedia, Bareksa.com, Bukalapak dan Ipotfund.

Pahami Jenis Reksadana

Pada dasarnya reksadana terdiri dari berbagai macam. Jenis reksadana berdasarkan alokasi investasinya terbagi atas reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Semua jenis reksadana harus bisa dipelajari dan dipahami dengan baik, agar investasi reksadana yang dijalankan berjalan dengan mulus.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan jenis investasi yang dilakukan dengan cara menempatkan uang pada berbagai instrumen pasar uang seperti Obligasi yang jatuh temponya biasnaya tidak kurang dari satu tahun, Surat Berharga Pasar Uang atau SBPU, Sertifikat Bank Indonesia atau SBI dan Deposito Berjangka. Reksadana pasar uang sudah terbilang populer di telingga masyarakat Indonesia. 

Reksadana pasar uang merupakan jenis investasi reksadana yang memiliki resiko sangat sedikit, karena nilai aktiva bersih dan lukuiditasnya berkurang. Reksadana jenis ini juga bisa dimulai dengan modal Rp 100.000. Reksadana pasar uang juga bisa dicairkan secara mendadak dan kapan saja, namun tidak ada potongan saat pencairan sebelum jatuh tempo

Keuntungan atau imbal hasil reksadana pasar uang biasanya lebih besar dibandingkan dengan deposito bank dan waktu investasi sangatlah fleksibel, bahkan bisa 1 hari saja. Jenis ini sangat cocok buat anda yang ingin memilih investasi jangka pendek.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis investasi reksadana yang jumlah investasi efek utangnya harus mencapai minimal 80%. Obligasi atau surat utang yang dikeluarkan bisa dari perusahaan ataupun pemerintah. Reksadana pendapatan tetap akan membuat anda memiliki tingkat pengembalian yang stabil, karena obligasi yang hadirkan keuntungannya akan berupa kupon yang keluar secara rutin.

Untuk memulai reksadana pendapatan tetap, bisa dimulai dengan modal Rp 100.000 dan imbal hasil yang diperoleh biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana pasar uang, peningkatannya bisa mencapai 10% per tahun. Reksadana pasar tetap juga memiliki nilai aktiva bersih yang terus meningkat, karena jarang mengalami fluktuasi atau naik turun.

Untuk anda yang ingin investasi dalam waktu 1 sampai 3 tahun, maka bisa memilih investasi reksadana pasar tetap. Jenis reksadana ini juga sangat cocok untuk para investor yang karakternya konservatif dan moderat. Reksadana pendapatan tetap juga sangat cocok untuk para investor yang ingin melakukan investasi aman, namun tetap hasilkan keuntungan yang besar. Jenis reksadana ini memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana pasar uang.

Reksadana Campuran

Reksadana campuran merupakan jenis investasi yang dananya dihasilkan dari instrumen keuangan seperti saham, pasar uang, obligasi dan deposito. Reksadana campuran terdiri dari 2 yaitu reksadana campuran berimbang dan dinamis. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga keuntungan yang dihasilkan bisa berbeda.

reksadana campuran berimbang biasanya memiliki risiko yang lumayan tinggi, namun keuntungan imbal hasilnya bisa sangat besar. Biasanya komposisi penempatan jumlah investasinya yaitu 50% di pasar saham dan obligasi. jenis investasi ini sangat cocok untuk para investor yang sudah miliki pengalaman dalam bidang investasi.

Reksadana campuran dinamis memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, namun penempatan dananya bisa lebih dinamis. Pada reksadana campuran dinamis, penempatan dana akan sangat tergantung pada pandangan seorang manajer investasinya. Investasi ini sangat cocok untuk para investor pengalaman yang menyukai tantangan dan ingin mendapatkan imbal hasil yang sangat besar.

Reksadana Saham

Reksadana merupakan jenis investasi yang mengharuskan anda menempatkan dana minimal 80% di berbagai efek saham, sedangkan sisanya dialokasikan 20% di pasar uang. Investasi ini bisa dimulai dengan modal awal Rp 10.000 dan produk reksadananya bisa dibeli secara online di beberapa marketplace. Reksadana saham memiliki resiko yang tinggi, namun seimbang dengan imbal hasilnya juga yang besar.

Reksadana sangat cocok bagi pemula ataupun yang sudah berpengalaman dan jenis investasi ini adalah investasi jangka panjang, karena dijalankan diatas 5 tahun. Biaya investasi memang diterapkan sesuai ketentuan. Namun saat anda memilih membeli atau menjual reksadana saham secara online, maka beban biaya investasinya menjadi lebih kecil.

Pilih Waktu Investasi

Investasi reksadana memiliki beberapa pilihan waktu yaitu kurang dari 1 tahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun dan lebih dari 5 tahun. Dengan mengetahui dan menentukan keinginan investasi sesuai jangka waktunya, maka anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai. Apabila anda ingin melakukan investasi dengan waktu kurang dari 1 tahun, maka anda cocoknya memilih jenis investasi reksadana pasar uang.

Langkah Investasi

Untuk memulai investasi reksadana, maka anda juga harus menentukan langkah-langkah investasi yang ingin dicapai. Apakah ingin yang keuntungan kecil, namun resiko sedang atau ingin yang keuntungan tinggi, namun resiko kerugiannya besar. Kemudian anda juga bisa memilih jenis investasi reksadana yang sesuai dengan pilihan atau keinginan.

Untuk lebih memperjelas, anda juga bisa mencari berbagai informasi penting lewat media internet atau anda bisa juga menghubunggi pihak penyedia reksadana dan tanyakan berbagai kelebihan beserta resikonya. Dengan melakukan berbagai langkah riset informasi, maka anda akan lebih percaya diri dalam melakukan investasi reksadana.

Izin Otoritas Jasa Keuangan

Pastikan anda memilih penyedia reksadana yang legal dengan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Dengan melakukan perizinan yang memiliki proses panjang, maka dipastikan reksadana yang disediakan akan legal. Tidak hanya reksadananya, namun pilih juga manajer investasi yang juga memiliki izin resmi dari OJK.

Sebelum memulai cek dulu berbagai perizinan suatu produk reksadana dan manajer investasinya, agar anda tidak tertipu dengan investasi bodong. Kini investasi bodong memang muncul dimana-mana, sehingga harus dihindari dengan sangat baik. Jangan tergiur dengan tawaran keuntungan yang besar, apabila produk reksadananya tidak memiliki izin resmi OJK.

Pahami Prospektus Reksadana

Supaya anda bisa memahami berbagai poin perizinan dalam produk reksadana, maka anda harus mempelajari mengenai prospektus reksadana. Pada dasarnya prospektus reksadana yaitu sebuah buku manual yang didalamnya membahas menganai investasi reksadana dan berbagai hal yang berkaitan dengan reksadana ada di buku panduan tersebut.

Membaca dan memahami prospektus reksadana sifatlah sangat penting, sehingga anda tidak perlu binggung lagi. Cara ini juga bisa membuat anda mengetahui berbagai investasi reksadana legal dan ilegal.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memulai investasi reksadana dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?