fbpx
Investasi

APA ITU INVESTASI SAHAM DAN BEDANYA DENGAN REKSADANA

Investasi saham merupakan salah satu investasi yang sedang berkembang di Indonesia dan untuk menjalankan investasi saham. Sedangkan investasi reksadana sudah ada sejak jaman dulu dan terkenal dengan berbagai pilihan jenisnya yang beragam. Setidaknya ada 3 faktor utama yang perlu diperhatikan saat menentukan investasi saham atau reksadana yang di pilih.

Dengan memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan saham, maka anda bisa menjalankan investasi saham dengan cara yang benar tepat. Faktor investasi saham sangat berkaitan dengan risiko yang bisa saja muncul, tingkat pengembaliannya dan berbagai biaya yang harus ditanggung saat menjalankan investasi.

Perbedaan Antara Investasi Saham dan Reksadana

Jenis Investasi

jenis investasi reksadana

Ketika anda memutuskan untuk berinvestasi saham, maka anda akan memiliki kepemilikan dari sebuah perusahaan dan pemilik saham bisanya akan memperoleh dividen yang dibayarkan setiap tahunnya. Saat anda menjual saham ke pasar, maka anda bisa memperoleh keuntungan lagi. Apabila pembelian harga saham lebih murah dibandingkan penjualannya, maka anda akan peroleh keuntungan dari selisih harga.

Reksadana merupakan jenis investasi yang sangat mengandalkan kinerja dari manajer investasi. Reksadana juga terdiri dari beberapa jenis seperti deposito, obligasi, saham dan surat utang. Apabila anda ingin menjalankan investasi reksadana dengan resiko yang rendah, maka anda bisa memilih jenis investasi reksadana surat utang.

Untuk menjalankan investasi saham dengan baik, maka anda bisa memilih perusahaan yang disesuaikan dengan kategorinya. Anda juga harus memilih atau menentukan strategi investasi seperti apa yang diinginkan, karena anda bisa memilih yang jangka waktu panjang atau bisa memilih investasi yang dijalankan dengan waktu pendek.

Investasi saham yang dipakai jangka panjang biasanya diatas 1o tahun, sedangkan reksadana sangat bergantung pada jenis reksa dananya. Setiap jenis reksadana memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Jenis investasi reksadana biasanya akan dilakukan jangka pendek yaitu sekitar 2 tahunan dan investasi reksadana saham memiliki jangka waktu sekitar 7 tahunan atau lebih.

Tingkat Pengembalian

tingkat pengembalian investasi

Dari investasi saham dan reksadana yang paling berisiko untuk merugi adalah investasi reksadana. Namun dengan resiko tingkat tinggi, investasi reksadana akan berpeluang hasilkan keuntungan yang tinggi. Investasi reksadana juga dianggap lebih aman dibandingkan investasi saham, karena dana yang di investasikan akan dikelola oleh manajer investasi.

Manajer investasi dalam reksadana memiliki peranan seperti menentukan presentasi pembagian keuntungan sesuai dengan jenis investasinya. Dengan investasi reksadana, maka para investor tidak perlu memikirkan strategi dan pola untuk raih keuntungan, karena semuanya sudah menjadi tugas manajer investasi. Reksadana juga selalu memiliki diversifikasi, sehingga resikonya akan semakin kecil.

Waktu Untuk Memahami Investasi

OBLIGASI: PENGERTIAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Sebelum memilih suatu investasi, maka anda harus memahami investasinya dengan baik dan saat anda memperlajari mengenai investasi saham, maka anda harus paham dengan berbagai perusahaan. Tak hanya itu, anda juga dituntut untuk bisa memahami kondisi perekonomian yang sedang berjalan dan pertimbangkan berapa waktu yang diperlukan untuk memahami investasinya.

Untuk memahami jenis investasi reksadana, maka anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan ada tidak perlu paham mengenai seluk beluk suatu perusahaan. Hal yang perlu dipahami dalam investasi reksadana yaitu produk investasinya dan jangka waktu. Tak hanya itu, anda juga harus perhatikan resikonya. Proses pemahaman investasi reksadana juga lebih cepat, karena pengelolaan mengandalkan manajer investasi.

Demikian ulasan mengenai investasi saham dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?