fbpx
Investasi

APA ITU INVESTASI REKSADANA

Apa itu investasi reksadana? Kebanyakan orang mulai melakukan investasi pada usia tua, padahal investasi bagusnya dilakukan sejak usia muda. Kehidupan yang glamor akan mendorong anda untuk terus boros, sehingga tidak mementingkan kehidupan di waktu yang akan datang. Menikmati kehidupan seringkali menjadi alasan seseorang untuk tetap bersenang-senang. 

Ketika usia muda yang memiliki tenaga produktif, maka saat itulah momen yang pas untuk berinvestasi. Jangan biarkan waktu muda habis untuk kegiatan foya-foya atau hura-hura, apalagi saat mementingkan gaya hidup yang tidak ada habisnya. Jenis investasi yang bisa dipilih untuk kaum muda sangatlah beragam dan salah satunya adalah investasi reksadana.

Apa Itu Investasi Reksadana?

Apa Itu Investasi Reksadana

Reksadana merupakansuatu wadah yang dipakai untuk menghimpun kumpulan dana dari masyarakat, kemudian uang yang terkumpul di investasikan di efek manajer investasi. Dengan cara ini, maka uang yang disetor memiliki peluang untuk hasilkan keuntungan. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki reksadana, maka banyak sekali masyarakat yang sudah bergabung dengan investasi reksadana.

Untuk menjalankan bisnis di bursa efek, maka seorang manajer investasi biasanya akan dibantu atau didorong dengan tenaga profesional yang terdiri dari tim pengelola investasi dengan komite investasi. Untuk mulai melakukan investasi reksadana, maka anda bisa memulainya dengan modal yang kecil dan hal ini menjadi salah satu kelebihan investasi reksadana.

Memulai Investasi Reksadana Online 

Memulai Investasi Reksadana Online

Banyak orang yang masih berfikir, jika kegiatan investasi haruslah dilakukan dengan modal besar. Padahal kini bermunculan jenis investasi yang sangat menawarkan biaya rendah. Reksadana biasanya dijual dengan harga yang sangat murah, sehingga tidak akan memberatkan pesertanya. Bahkan investasi reksadana bisa dumulai dengan modal Rp 10.000.

Reksadana sudah mulai bisa di beli dengan harga murah sejak tahun 2019 dan pembelian reksadana juga bisa dilakukan dengan cepat menggunakan konsep online. Ada beberapa e-commerce yang menyediakan layanan pembelian reksadana berbiaya murah seperti Bukalapak dan Tokopedia. Apabila anda membeli reksadana di Bareksa atau Indopremier, maka minimal pembelian yang harus dilakukan yaitu Rp 100.000.

Beli Reksadana Harga Murah atau Mahal Apa Berpengaruh?

Beli Reksadana Harga Murah atau Mahal Apa Berpengaruh

Pada dasarnya jumlah keuntungan yang dihasilkan dari investasi reksadana tidak bergantung pada nilai investasi awal para investor. Dengan investasi yang kecil, maka anda berpeluang untuk hasilkan keuntungan yang besar. Potensi keuntungan reksadana juga lebih besar dibandingkan dengan melakukan investasi tabungan di bank atau sering disebut dengan deposito bank.

Ada berbagai faktor yang mampu membantu penentuan kesuksesan investasi seperti strategi yang dijalankan oleh manajer investasi, kondisi perekonomian di Indonesia, pasaran harga saham dengan obligasi dan berbagai faktor lainnya. Keuntungan reksadana sangat tidak terpengaruh jumlah investasinya, sehingga investasi reksadana sangat rekomended untuk dipilih.

Investasi reksadana juga bisa dilakukan siapapun, sehingga investasi ini juga menguntungkan buat masyarakat kecil. Harga dari reksadana biasanya dihasilkan dari dari proses pengelolaan investasi. Semakin kesini masyarakat yang beli reksadana semakin banyak, karena sudah banyak yang paham mengenai pentingnya investasi reksadana.

Reksadana menjadi proses investasi yang bisa dilakukan semua orang dan menjadi investasi yang cocok untuk para pemula, karena proses investasinya sangatlah mudah. Bagi anda yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai literasi keuangan, maka anda sangat cocok menjalani investasi reksadana. Dengan pengetahuan keuangan, ada juga memaksimalkan modal kecil untuk hasilkan keuntungan yang sangat besar.

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu investasi reksadana dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pemula.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?