fbpx
Blog

5311, CARA UNIK MEMBATASI PENGELUARAN BULANANMU DI MASA PANDEMI

Kondisi Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh besar pada tata kelola keuangan rumah tangga. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan besarnya pengeluaran baru pada kategori kebutuhan tertentu, seperti kuota internet, biaya listrik, serta konsumsi tambahan. Hal tersebut sangat berdampak dengan pengeluaran yang semakin membesar. Oleh sebab itu, adanya konsep 5311 menjadi sebuah solusi untuk ibu rumah tangga tetap bisa bertahan dan menabung di situasi pandemic seperti ini.

5311 disini bukan hanya angka atau urutan bilangan satuan. 5311 pada artikel ini menujukkan angka penting bagi pengeluaran rumah tangga bulananmu. Dimana pembagian 5311 itu berdasarkan pengelompokan kebutuhan primer dalam satu bulan. Secara detil, jenis kebutuhan itu diilustrasikan dalam bentuk persen, yaitu

  1. 50% digunakan untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga
  2. 30% digunakan untuk melakukan cicilan
  3. 10% digunakan untuk dana darurat
  4. 10% digunakan untuk investasi

Kali tahu gak sih kebutuhan apa-apa saja yang masuk dalam kategor konsumsi rumah tangga, cicilan, dana darurat, dan investasi itu ?

Secara terperinci, jenis-jenis kebutuhan yang masuk dalam masing-masing kaeregori sebagai berikut :

  • 50% digunakan untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga

Jenis-jenis pengeluaran yang termasuk ke dalam kebutuhan rumah tangga adalah segala jenis pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok yang harus dipenuhi diantaranya adalah sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan sandang terdiri dari kebutuhan mencuci dan pemenuhan akan pakaian. Kebutuhan pangan adalah kebutuhan konsumsi primer. Dimana ketersedian makanan dengan nutrisi yang cukup untuk setiap anggota keluarga. Kemudian kebutuhan akan papan atau tempat tinggal. Pada kondisi pandemi seperti ini kebutuhan akan tempat tinggal sangan penting. Di samping adanya larangan untuk beraktivitas di luar rumah. Tempat tinggal menjadi sarana untuk berlindung dari berbagai macam cuaca. Tidak hanya itu, dalam hal ini yang dimaksud ke dalam aspek kebutuhan papan juga terdiri dari biaya listrik dan air bersih. 

  • 30% digunakan untuk melakukan cicilan

Dewasa ini, banyak rumah tangga yang memenuhi berbagai jenis kebutuhan dengan system pembayaran dicicil. Sistem cicil pada transaksi jual beli memberikan peluang untuk memiliki barang yang diinginkan terlebiih dahulu. Secara mendasar, hal ini menjadi solusi untuk pemenuhan kebutuhan dengan cepat. Akan tetapi, perlu sangat diperhatikan bahwa cicilan perlu sangat diperhatikan di kemudian hari. Khususnya pada kondisi pandemi dan ekonomi yang tidak menentu saat ini. Oleh sebab itu, cicilan ini harus dialokasikan ke anggaran belanja rumah tangga sebagai hal penting.  Beberapa barang penting pada kebutuhan rumah tangga yang dicicil adalah barang elektronik, peralatan dapur, dan barang-barang mahal (mobil dan rumah).

  • 10% digunakan untuk dana darurat

Jenis dana darurat yang perlu jadi perhatian dari kebutuhan bulanan yaitu, untuk kesehatan dan suplemen, pendidikan (biaya cetak tugas sekolah), dan jenis-jenis pengeluaran yang tidak terduga lainnya.

  • 10% digunakan untuk investasi

Mengapa perlu adanya alokasi dana untuk investasi? apa bedanya dengan dana darurat?

Alokasi dana investasi menjadi sangat penting di tengah kondisi pandemi seperti ini. Dana investasi ini difungsikan sebagai tabungan jangka Panjang. Berbeda halnya dengan dana darurat, dimana dana darurat lebih difungsikan hal-hal yang bersifat jangka pendek. Dana investasi sendiri sejatinya dapat dijakdikan ke dalam berbagai bentuk, diantaranya saham, emas, dan tanah. Dana investasi sendiri bisa menjadi tabungan untuk kejadian-kejadian tertentu, seperti adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hingga yang kita ketahui saat ini, sudah banyak terjadi PHK di berbagai perusahaan dengan alasan keuangan yang tidak stabil.

Pada dasarnya ada berbagai macam cara untuk membantumu membatasi pengeluaran bulanan. Cara-cara yang dapat kamu gunakan yaitu dengan cara manual atau menggunakan bantuan sistem.

  • Cara Manual

Penggunaan cara manual ini yaitu dengan menggunakan pencatatan dan pembatasan melalui buku catatanmu. Cara ini merupakan cara klasik yang digunakan tempo dulu untuk mengetahui laporan pengeluaran dan belanja bulanan. Tentunya car aini sudah tidak direkomendasikan saat ini. Dimana sudah banyak berkembanganya berbagai sistem yang mampu memudahkan pencatatanmu.

  • Bantuan Sistem

Penggunaan bantuan sistem yang dimaksud adalah penggunaan berbagai macam aplikasi di hpmu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan dalam memonitoring pengeluaran bulananmu yaitu Aplikasi Pay OK. Melalui aplikasi Pay Ok, kamu bisa mendapatkan berbagai keunggulan di dalam fitur-fiturnya. Fitur-fitur yang dimiliki Aplikasi Pay-OK yang dapat membantu mengawasi pengeluaran bulananmu adalah :

  1. Fitur Transaksi (transaction) yaitu fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencatat segala pengeluaran bulananmu.
  2. Fitur Laporan (report) yaitu fitur yang mampu menunjukan cashflow pengeluaranmu dalam bentuk grafik yang mudah dipahami.
  3. Fitur Budgeting yaitu fitur yang memberitahukan batas atau limit transaksimu per kategori (konsumsi, cicialn, dll) dalam bentuk grafik.
  4. Fitur Goal Setting yaitu fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perencanaan jangka Panjang untuk mencapai mimpimu.
  5. Fitur Investasi Indogold, yaitu solusi untuk memanfaatkan dana investasimu ke dalam bentuk investasi emas.

Jadi sudah tahukan bagaimana mengatur kebutuhan bulananmu di masa pandemi seperti ini. Jangan lupa untuk memakai aplikasi Pay OK untuk membantumu dalam merencanakan pengeluaranmu itu.  

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?