fbpx
Blog

PERSAMAAN ANTARA MENABUNG DENGAN DIET

Menabung dan Diet memang dua hal yang jauh berbeda. Diet jelasnya untuk kamu yang merasa berat badanya sudah melebihi kata ideal. Sedangkan menabung untuk kamu yang merasa membutuhkan uang tersebut untuk kemudian hari digunakan. Nah dua hal itu jelas banget kan perbedaanya?

Nah tapi, dalam menjalankan konsep diet dan konsep menabung ada beberapa persamaan yang membuat kamu bisa jadi berfikir “ah nabung aja deh! Dari pada diet doang? Kan sama aja konsepnya”. Konsep dari diet dan menabung memang kedua hal yang membuat kamu jauh lebih baik dari sebelumnya. Giamana tidak? Keduanya diet dan menabung sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kesehatan dompet.

Sebelum kita memulai apa saja persamaan antara diet dan menabung yuk kita cari tau apa itu diet dan menabung? Berdasarkan data yang kami kutip dari Halodoc.com diet merupakan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang cara dan sumber makananya diatur. Gunanya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh  secara keseluruhan. Selain itu diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang lebih terkontrol.

Sedangkan menabung menurut Pendidikan.co.id merupakan sebuah kegiatan untuk menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki untuk disimpan. Menabung ialah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan anda. Menurut KBBI menabung itu memiliki satu arti. Menabung berasal dari kata yakni tabung yang berarti kedalam golongan kelas kata kerja.

Nah dari dua pengertian diatas antara diet dan menabung apakah kamu sudah bisa menemukan persamaan konsep antara diet dan menabung? Jika belum ayok sama-sama kita bahas apa saja sih persamaan antara diet dan menabung. Tapi emang penting ga sih? Penting dong soalnya artikel ini akan memberikan informasi tidak hanya satu informasi saja melainkan dua informasi sekaligus yaitu informasi mengenai diet dan juga menabung.

  1. Konsep Tujuan Antara Diet dan Menabung

Keduanya antara diet dan menabung jelas sama-sama memiliki tujuan, jelas lah ya. Namun konsep dalam menentukan tujuan antara diet dan menabung memiliki kesamaan. Pertama diet bertujuan untuk mencapai tujuan memiliki tubuh yang ideal demi kesehatan. Siapa sih yang tidak ingin badanya ideal? Terlalu kurus menandakan kamu kekuranan asupan gizi, sedangkan terlalu gemuk membuat jantungmu bekerja dua kali lipat dan memicu serangan jantung.

Menabung juga memiliki konsep tujuan yang sama yaitu sama-sama ingin mempunyai hidup yang ideal. Mempunyai dana khusus yang disimpan dan dipergunakan untuk waktu yang tepat akan membuatmu juga menjadi sehat, karena tidak ada yang tau kapan kamu akan membutuhkan dana darurat. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mempunyai hidup sehat dan juga ideal

  • Konsep Target Antara Diet dan Menabung

Diet dan menabung pastinya memiliki target yang berbeda. Namun, konsep menentukan target antara diet dan menabung juga memiliki kesamaan loh!. Diet akan membuatmu menentukan target, misalnya kamu ingin turun berapa kilogram dalam berapa hari, minggu, atau bulan. 2kg dalam sebulan missalnya, tentunya kamu akan berjuan untuk mencapai target tersebut.

Menabung juga harus memiliki target, jika menabung hanya menabung saja tanpa mengetahui target apa yang ingin kamu capai, buat apa kamu menabung? Jika kamu seorang manusia kamu harus memiliki target untuk dicapai. Misalnya kamu ingin menabung 20% dari penghasilanmu.

Keduanya sama-sama memiliki target, jika target diet dalam satu bulan ingin turun 2kg. menabung juga memiliki target perbulanya, misalnya menabung 20% dari penghasilan. Kenapa kok menabung targetnya perbulan? Karena konsep  menabung yang benar adalah tabung diawak belanjakan sisanya, bukan belanjakan diawal lalu sisanya buat menabung. Konsep menabung seperti itu tidak akan efektif untuk kamu.

  • Konsep Menahan Godaan Antara Diet dan Menabung

Kalau yang ini sudah jelas ya, keduanya pasti sama-sama harus menahan godaan. Diet tentunya akan membuatmu lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Begitupun juga menabung tentunya akan membuatmu lebih hati-hati dalam membelanjakan uangmu. Keduanya jelas memiliki godaan yang besar ketika kamu mulai berhati-hati untuk mengkonsumsi makanan maupun membelanjakan uangmu.

Diet dan menabung akan membuatmu terlatih untuk menahan godaan. Barang siapa yang tidak tahan godaan  jelas target dan tujuanya akan menjadi semakin menjauh. Ketika kamu merencanakan diet dan tetap memakan-makanan yang mengandung lemak tetap saja tubuh ideal hanya jadi angan-angan. Begitu juga dengan menabung, setiap liat promo langsung belanja, jadi tujuan dan targetmu hanya akan menjadi angan-angan.

  • Konsep Pengalihan Antara Diet dan Menabung

Saat kamu diet dan menabung tentu saja perlu sekali yang namanya pengalihan. Pengelihan yang dimaksud adalah kamu perlu mengalihkan kebiasaan kamu yang membuat kamu menjauh dari tujuan diet dan menabung kamu.

Ketika kamu melakukan diet kamu akan mengalihkan keingin makan makanan yang dilarang dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya berolahraga dan membaca buku. Begitupun dengan menabung, mengalihkan uang belanja kamu yang berlebihan untuk dialihkan kedalam tabungan kamu.

  • Konsep Disiplin Antara Diet dan Menabung

Diet dan menabung perlu sekali dengan yang namanya kedisiplinan. Diet dan menabung akan menuntutmu untuk disiplin dalam bertindak demi target dan tujuan. Disiplin dalam diet bisa jadi kamu menahan godaan yang tidak dibutuhkan oleh tubuhmu. Sedangkan disiplin dalam menabung bisa juga disiplin menahan godaan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

  • Konsep Mencatat Antara Diet dan Menabung

Mencatat dalam diet dan menabung sebetulnya merupakan hal yang bisa dibilang opsional. Namun mencatat adalah hal yang sangat penting baik saat kamu diet maupun menabung. Mencatat akan membuat kamu tau sampai mana perkembangan kamu dan apa saja yang kamu perlu lakukan kedepanya.

Dalam konsep mencnatat antara diet dan menabung sebetulnya memiliki persamaan yang cukup signifikan. Dalam diet kamu akan mencatat semua kalori makanan yang dimakan agar mengetahui jumlah asupan yang masuk kedalam tubuh. Nah kalau menabung, kamu akan mencatat pengeluaran untuk mengetahui mana yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan.

Nah kira-kira itu dia persamaan antara konsep menabung dan diet, mirip banget kan? Nah jadi buat kamu yang sudah pernah diet pasti kamu juga bisa menabung, begitu juga sebaliknya jika kamu pernah menabung konsep tersebut juga bisa kamu terapkan dalam berdiet. Maka dari itu yuk sama-sama mempunyai tujuan hidup yang ideal.

Membahas  hidup yang ideal tidak terlepas dari kehidupan mengenai keuangan, karena diet juga memerlukan keuangan yang ideal. Jika kamu ingin keuangan kamu lebih ideal yuk download aplikasi Pay OK karena didalamnya banyak sekali fitur yang membuat keuangan kamu lebih ideal seperti fitur transaksi, report, budgeting, goals, dan bahkan invsetasi.

Mau Hidup Ideal kok ditunda-tundah yuk buruan download Aplikasi Pay OK, karena Pay OK adalah aplikasi yang paling OK dan paling mengerti kamu loh!

Leave A Comment