fbpx
Blog

JANGAN MALAS CATAT KEUANGAN, INI DIA MANFAAT MENCATAT KEUANGAN PRIBADI

Mencatat keuangan, mendengarnya saja pasti sudah membuat hampi semua orang males banget. Tapi sebenarny di era yang serba teknologi ini sudah wajib sekali untuk kamu memulai mencatat keuangan pribadi kamu. Tujuanya untuk apa sih mencatat keuangan?

Mencatat keuangan jelas mempunyai tujuan yang sangat penting bagi keuangan. Tujuan utama dari mencatat keuangan adalah memberikan kamu informasi pengeluaran serta pemasukan baik hitungan hari, mingguan, dan bulanan yang berdasarkan kemauanmu. Namun idealnya mencatat keuangan dilakukan setiap hari.

Mencatat keuangan setiap hari sangat diperlukan, karena pasti kamu setiap harinya membeli keperluan seperti makan dan minum yang perlu kamu catat. Banyak diantara kita pasti yang tidak mencatat keuangan tapi tiba-tiba bingung uang yang ada di rekening dan dompet mulai menipis.

Nah tujuan mulianya mencatat keuangan pribadi berangkat dari hal-hal yang membuat kita heran kemana perginya uang-uang yang sudah capek-capek kumpulin. Selain pengeluaran kamu juga harus mencatat pemasukan, biar kamu bisa tau nih setelah mencatat keuangan ingin membeli keperluan apa aja dengan bijak.

Daripada nanti jadi bertele-tele yuk sama-sama kita cari tau apa aja sih yang menjadi manfaat ketika kita mulai mencatat keuangan pribadi kita.

  1. Menjadi Melek dengan Keuangan

Kamu mungkin akan mulai merasa berhati-hati setelah terbiasa mencatat keuangan kamu. Kamu akan mulai melek terhadap kebutuhan primer dan sekunder, yang tadinya kamu tidak bisa membedakan mana kebutuhan primer dan sekunder, sedikit demi sedikit kamu mulai berhati-hati dalam membelanjakan kebutuhan sekunder kamu.

Bahkan mungkin kamu akan mulai meninggalkan kebiasaan membelanjakan uang kamu kepada hal-hal yang sebenarnya kamu tidak perlu banget. Kamu akan mulai membeli barang yang menjadi kebutuhan primer kamu saja, karena takut uang kamu akan habis.

  • Mencegah Bocornya Cashflow

Cashflow adalah istilah aliran yang yang kamu terima dan kamu keluarkan atau bisa juga disebut sebagai Cash in flow dan Cash out flow.  Pasti udah tau kan perbedaan antara Cash in flow dan Cash out flow, yaitu adalah arus uang masuk dan arus uang masuk. Nah mencatat keuangan akan membantu kamu mencegah kebocoran pada arus uang pribadimu.

Dengan mencatat keuangan kamu pasti akan tau berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar. Jika kamu mencatat keuangan kamu pasti akan memahami kemana uang kamu harus keluar agar tidak bocor, sehingga tidak terjadi keborosan yang akan membuat kamu menyesal nantinya.

  • Yakin Mencapai Tujuan Keuangan

Mencatat keuangan akan membuat kamu menjadi kepribadian yang lebih baik. Terbiasa mencatat keuanganmu kamu akan mengerti potensi keuangan kamu sudah sejauh mana, dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan apa. Kamu akan lebih yakin dalam mengejar targetmu, bahkan kamu sudah tau kapan targetmu akan tercapai.

  • Lebih Menghargai Uang

Ini merupakan manfaat dari mencatat keuangan pribadimu yang paling penting. Kamu akan jauh lebih mengenal uang dibandung sebelumnya. Kamu akan lebih menghargai uang dan juga kamu akan lebih menghargai dirimu yang telah lelah mendapatkan uang.

Terbiasa mencatat keuangan akan membuat kamu sangat berhati-hati dalam menggunakan uang. Kamu akan lebih bisa menahan godaan membeli keperluan yang tidak penting bagi kamu. Kamu akan tau sebarapa besar nilai uang dalam setiap lembarnya, dan berfikir berkali-kali dalam membelanjakanya.

Nah itu dia 4 manfaat ketika kamu terbiasa atau memulai mencatat keuangan. Semuanya memang tidak mudah, namun jika tidak dimulai dari sekarang mau kapan lagi. Sekarang sudah era 4.0 dimana semuanya menjadi digital dan serba mudah. Kamu dapat mencatat keuangan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi.

Salah satu aplikasi keuangan yang kamu wajib punya adalah Aplikas Pencatat Keuangan paling OK yaitu Pay OK. Buat kamu yang baru ingin memulai kami sangat sarankan untuk memulai mencatat menggunakan aplikasi pencatat keuangan seperti Pay OK, karena didalamnya banyak sekali fitur yang memudahkan kamu dalam mencatat keuanganmu secara otomatis.

Yuk tunggu apalagi raih 4 manfaat dalam mencatat keuangan dengan menggunakan Aplikasi Pay OK. Kamu bisa mendapatkanya di Play Store untuk Android dan juga Apps Store untuk iOS.

Leave A Comment

Chat sekarang!
1
Hallo, Kak! Ada yang bisa kami bantu?